Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Jazz Tubruk Minimarket, Akibat Tinggalkan Bocah Sendirian di Dalam Mobil

Kompas.com - 10/01/2022, 16:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar di media sosial insiden kecelakaan yang melibatkan satu unit mobil Honda Jazz berwarna putih menabrak sebuah minimarket di Jalan Imam Munanda, Harapan Raya, Pekanbaru, Minggu (9/1/2022).

Dalam keterangan video yang diunggah oleh akun Instagram @romansasopirtruck, awalnya mobil matik tersebut sedang parkir di depan minimarket. Sopir kemudian meninggalkan mobil dalam kondisi tertutup.

Baca juga: Begini Cara Cek Sabuk Pengaman Saat Membeli Mobil Bekas

Di dalam mobil terdapat seorang balita yang merupakan cucu dari pengemudi.

Tiba-tiba mobil melaju dan hilang kendali lalu menabrak kaca hingga masuk ke dalam minimarket.

Mobil Jazz seruduk Indomaret di Jl. Harapan Raya, Pekanbaru, Minggu malam, 09/01/22. Kronologis dari saksi yang ada di lokasi. Bapak pemilik Jazz tersebut lagi belanja ke Indomaret, posisi mobil parkir di depan. Di dalam mobil ada anak kecil, dan tiba-tiba mobilnya jalan sendiri masuk menyeruduk Indomaret,” tulis keterangan video tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Romansa Sopir Truck (@romansasopirtruck)

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan menegaskan, para orang tua (pengemudi) untuk jangan pernah meninggalkan anak di dalam kendaraan saat parkir.

“Ini berbahaya, selain menabrak, banyak bahaya meninggalkan anak kecil sendirian di dalam mobil,” ucap Marcell saat dihubungi Kompas.com, Senin (10/1/2022).

Marcell melanjutkan, dampak dari tindakan tersebut bisa berakibat fatal, bahkan dapat menyebabkan kematian.

“Apabila terlalu lama (di dalam mobil), anak juga bisa pingsan dan mati lemas karena keracunan gas buang kendaraan yang masuk ke kabin mobil,” kata Marcell.

Baca juga: Ketahui Perbedaan Dexlite dan Pertamina Dex untuk Mobil Mesin Diesel

Dalam kondisi tersebut, anak akan dehidrasi dan kehabisan oksigen. Bahkan, jika dalam waktu yang lama, anak tersebut bisa saja meninggal dunia.

“Jadi jangan pernah meninggalkan anak sendirian di dalam mobil tanpa pengawasan, terutama bagi mereka yang masih bawah umur,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com