Harus Tahu, Ini Standar Layanan Servis Bengkel Yamaha

Kompas.com - 07/01/2022, 19:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pabrikan otomotif atau sepeda motor bukan cuma jualan produk tapi juga jasa atau layanan purna jual. Aftersales yang kurang baik bisa membuat konsumen kecewa.

Untuk itu tiap pabrikan motor termasuk Yamaha punya standar sendiri buat konsumen saat saat servis ke bengkel resmi. Konsumen pun wajib paham atau tahu hak dan kewajibannya saat servis.

Hasan Ardiansyah selaku Senior Service Advisor Yamaha FSS Jakarta, mengatakan, setiap diler dan bengkel resmi menerapkan Standar Operational Procedure (SOP) dari Yamaha.

Baca juga: Kupas Fitur Unggulan TVS Notrq 125

Standar layanan servis di bengkel resmi YamahaFoto: Yamaha Standar layanan servis di bengkel resmi Yamaha

“Untuk perawatan sepeda motor, konsumen dapat mengacu pada buku panduan manual servis," ungkap Hasan dalam keterangan resmi, Jumat (7/1/2022).

"Jika ada kerusakan berat seperti perlu pergantian part, kami akan mengikuti standar operasional prosedur kami dengan menginformasikan terlebih dahulu kepada konsumen mengenai kerusakan, hingga menawarkan perbaikan, estimasi biaya, dan waktu perbaikan," katanya.

Hal ini dimaksudkan agar konsumen mendapatkan informasi yang jelas sebelum servis dilakukan. Konsumen juga tahu komponen apa saja yang akan diganti.

Standar layanan servis di bengkel resmi YamahaFoto: Yamaha Standar layanan servis di bengkel resmi Yamaha

"Jika ada pergantian part, part lama yang rusak akan dikembalikan kepada konsumen, sebagai bukti bahwa part memang betul sudah diganti dengan yang baru,” katanya.

Baca juga: Razia dan Sanksi Jadi Kunci Penerapan Uji Emisi Kendaraan

Kemudian selain mengacu pada buku petunjuk manual servis yang disediakan Yamaha, kini para pengendara sepeda motor Yamaha juga dapat melihat secara digital melalui aplikasi My Yamaha.

Langkah servis di bengkel resmi Yamaha:

  1. Konsumen dapat melakukan booking servis via telepon atau on the spot
  2. Mengambil nomor antrian
  3. Diberikan estimasi waktu tunggu
  4. Setelah motor masuk dicek oleh mekanik menggunakan Yamaha Diagnostics Tools (YDT), masalah pada motor dijelaskan kepada service advisor (SA)
  5. Kemudian SA memberikan penjelasan kepada konsumen mengenai kerusakan menggunakan hasil YDT
  6. SA akan konfirmasi terlebih dahulu terkait part yang perlu diganti, biaya, dan estimasi waktu pada konsumen
  7. Konsumen memutuskan
  8. Setelah selesai, motor di uji coba kembali bersama konsumen sebelum dibawa pulang konsumen

Selain datang ke bengkel resmi konsumen juga dapat melakukan perawatan motor dari rumah juga dapat memanfaatkan fasilitas Servis Kunjung Yamaha (SKY).

Caranya dengan booking SKY melalui whatsapp ke nomor 081314740914 untuk Jabodetabek atau melalui aplikasi MY Yamaha App dan teknisi Yamaha akan datang ke rumah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.