Perbedaan Pria dan Wanita Saat Mengemudikan Mobil

Kompas.com - 06/01/2022, 17:22 WIB
Suasana interior mobil baru Kia Grand Carnival, bergenre MPV bongsor dari Korea Selatan. KOMPAS.com/Donny Dwisatryo PriyantoroSuasana interior mobil baru Kia Grand Carnival, bergenre MPV bongsor dari Korea Selatan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengemudikan kendaraan roda empat dapat dilakukan oleh pria maupun wanita. Tidak ada siapa yang lebih baik dalam melajukan mobil di jalan raya.

Selama telah memenuhi standar menjadi pengendara, siapa saja bisa mengemudi mobil. Namun, ada beberapa perbedaan antara wanita dan pria saat mengemudikan mobil.

Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan jika perbedaan tersebut membuat tingkat bahaya pengemudi mobil pria lebih fatal dari wanita.

Baca juga: Salah Kaprah Ban Tidak Punya Masa Kedaluwarsa

Pengemudi wanita tingkat bahayanya lebih kecil namun sering menimbulkan kebingungan,” katanya pada Kompas.com, Senin (3/1/2021).

Saat mengemudikan mobil, wanita cenderung defensif sedangkan pria agresif. Hal inilah yang membuat tingkat bahaya pria lebih besar.

Pengemudi pria lebih berani mengambil risiko. Contohnya seperti melajukan mobil lebih cepat di medan jalan atau situasi tertentu.

Untuk operasional dan keakuratan mengendarai mobil, pengemudi pria lebih unggul. Sementara itu, meski wanita dianggap pengendara yang minim bahaya fatal, namun kejadian kecil berbahaya sering dialami. 

Mobil listrik Toyota bZ4XDok. Insideevs.com Mobil listrik Toyota bZ4X

Pengemudi wanita kerap ragu-ragu sehingga gerakan dan arah kendaraan tidak konsisten. Gerak gerik pengendara perempuan buruk sehingga kejadian mobil terserempet sering terjadi.

Selain itu, gaya duduk pengemudi pria dan wanita juga berbeda. Banyak pengemudi wanita yang duduk terlalu mepet pada setir mobil.

Tentunya hal tersebut dikarenakan wanita tidak mengatur seat adjuster. Sementara itu, pria cenderung lebih santai saat duduk.

Baca juga: Kapan Waktu Tepat Melakukan Spooring dan Balancing Roda Mobil?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.