Jangan Asal Terabas, Kenali Batas Aman Mobil Terjang Banjir

Kompas.com - 05/01/2022, 13:22 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Viral di media sosial video yang memperlihatkan mobil Mitsubishi L300 minibus menerobos genangan banjir di Jalan Canang, Kecamatan Ranto Perlak, Aceh Timur.

Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @romansasopirtruck, terlihat pengemudi Mitsubishi L300 minibus nekat menerabas genangan air yang cukup tinggi.

Bahkan saking tingginya genangan air, sampai terlihat menutupi setengah kap mesin mobil berkelir hitam itu.

“DEMI SESUAP NASI SOPIR L 300 DI ACEH BERTARUNG HIDUP MATI MENEROBOS BANJIR,” tulis unggahan tersebut.

Baca juga: Promo Vespa di Awal 2022, Voucher sampai Rp 12 Juta

Bagi pemilik kendaraan, penting untuk mengetahui batas aman mobil bisa menerabas genangan air. Meskipun tidak dianjurkan, tetapi hal ini penting diketahui saat berada dalam keadaan darurat.

Menurut Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, jika genangan air berada di bawah bodi kendaraan masih aman untuk dilintasi.

“Ada baiknya jika ada genangan air yang cukup tinggi dihindari, karena kalau sudah sejajar dengan mesin itu sudah berbahaya. Air akan masuk ke dalam filter udara dan ruang mesin, sehingga bisa menyebabkan water hammer atau piston bengkok,” ujar Didi kepadaa Kompas.com belum lama ini.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KABAR ACEH UNTUK DUNIA (@bangsaaceh)

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana menambahkan, batas aman mobil dapat melewati genangan air atau banjir, yaitu 30 cm di bawah air intake (saluran udara).

“Kalau untuk batas mobil bisa menerobos banjir, sekitar 30 cm di bawah air intake,” ucap Sony.

Sony menjelaskan, setiap pemilik mobil harus mengetahui letak air intakenya, karena setiap mobil berbeda.

Baca juga: Tren Modifikasi Mobil 2022, Bodykit Tak Sekadar Fashion

Sementara itu pada kesempatan yang berbeda, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, batas aman mobil melewati genangan air maksimal sejajar dengan sumbu roda.

“Jangan sampai melebihi sumbu roda karena dikhawatirkan ECU dan sistem elektrikal mobil terkena air hingga menyebabkan korslet,” kata Jusri.

Sebaiknya, kata dia ketika merencanakan perjalanan diharapkan memilih rute yang tidak tergenang banjir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.