Kawasaki Bikin Drone Angkutan Barang Bermesin Ninja H2R

Kompas.com - 04/01/2022, 18:22 WIB
Kawasaki K-Racer X1 Foto: New AtlasKawasaki K-Racer X1
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasaki sedang mengembangkan drone kargo untuk keperluan logistik. Helikopter nirawak bernama K-Racer X1 ini punya spesifikasi yang berbeda dari yang lain.

Mengutip New Atlas, drone dengan dimensi setara mobil kota itu dibekali dengan mesin Kawasaki Ninja H2R, yakni sepeda motor sport yang mengusung mesin supercharger 1.000 cc.

Baca juga: PPKM Diperpanjang, Berikut Aturan Naik Transportasi Umum


Melihat gambar, tampak ujung knalpotnya keluar dari bagian belakang. Jika seusai spesifikasi motor, maka mesin ini sanggup hasilkan tenaga 310 PS atau sekitar 305,7 tk dan torsi 165 Nm.

Walau demikian, Kawasaki belum merinci soal performa K-Racer X1. Tapi tentu melihat statusnya sebagai pengangkut barang, bukan cuma soal kecepatan melainkan kemampuan membawa beban dan daya tempuh.

K-Racer X1 mampu mengendong beban hingga 100 kg. Namun belum diketahui berapa jarak tempuhnya untuk mengantarkan barang.

Baca juga: Masuk 2022, TVS Siap Hadirkan Penyegaran Produk dan Aftersales

Kawasaki K-Racer X1Foto: New Atlas Kawasaki K-Racer X1

Sebab jika dilihat secara eksterior K-Racer X1 memang mirip helikopter dengan baling-baling besar di bagian atas, ditambah dua baling-baling kecil bagian sisi kiri dan kanan.

Selain K-Racer X1, Kawasaki juga mengembangkan robot kecil. Nantinya keduanya merupakan bagian dari sistem logistik yang lebih besar dan benar-benar otomatis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber New Atlas
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.