Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasaki Bikin Drone Angkutan Barang Bermesin Ninja H2R

Kompas.com - 04/01/2022, 18:22 WIB
Gilang Satria,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

Sumber New Atlas


JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasaki sedang mengembangkan drone kargo untuk keperluan logistik. Helikopter nirawak bernama K-Racer X1 ini punya spesifikasi yang berbeda dari yang lain.

Mengutip New Atlas, drone dengan dimensi setara mobil kota itu dibekali dengan mesin Kawasaki Ninja H2R, yakni sepeda motor sport yang mengusung mesin supercharger 1.000 cc.

Baca juga: PPKM Diperpanjang, Berikut Aturan Naik Transportasi Umum


Melihat gambar, tampak ujung knalpotnya keluar dari bagian belakang. Jika seusai spesifikasi motor, maka mesin ini sanggup hasilkan tenaga 310 PS atau sekitar 305,7 tk dan torsi 165 Nm.

Walau demikian, Kawasaki belum merinci soal performa K-Racer X1. Tapi tentu melihat statusnya sebagai pengangkut barang, bukan cuma soal kecepatan melainkan kemampuan membawa beban dan daya tempuh.

K-Racer X1 mampu mengendong beban hingga 100 kg. Namun belum diketahui berapa jarak tempuhnya untuk mengantarkan barang.

Baca juga: Masuk 2022, TVS Siap Hadirkan Penyegaran Produk dan Aftersales

Kawasaki K-Racer X1Foto: New Atlas Kawasaki K-Racer X1

Sebab jika dilihat secara eksterior K-Racer X1 memang mirip helikopter dengan baling-baling besar di bagian atas, ditambah dua baling-baling kecil bagian sisi kiri dan kanan.

Selain K-Racer X1, Kawasaki juga mengembangkan robot kecil. Nantinya keduanya merupakan bagian dari sistem logistik yang lebih besar dan benar-benar otomatis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber New Atlas
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com