Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Agar Anak Tidak Rewel Saat Diajak Perjalanan Jauh

Kompas.com - 02/01/2022, 19:21 WIB
Serafina Ophelia,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat akan berpergian jauh menggunakan kendaraan dengan anak, ada beberapa hal yang perlu disiapkan di mobil agar anak tetap nyaman dan tidak rewel.

Mempersiapkan mainan, aktivitas selama perjalanan dan makanan yang cukup dapat membantu menenangkan anak.

Anna Surti Ariani atau kerap disapa Nina, Child & Family Psychologist mengatakan, orang tua bisa menyiapkan mainan dan juga aktivitas permainan santai untuk menyibukkan anak selama perjalanan.

Baca juga: Catat, Ini Tips Road Trip Bareng Anak Naik Mobil

"Mainan, bawakan beberapa yang disukai anak, tapi jangan dikeluarkan semuanya. Keluarkan satu-persatu. Kalau anaknya bosan, ajak dia untuk membereskan mainan itu dan kemudian baru ambil mainan yang lain," ujarnya pada Kompas.com, Sabtu (1/1/2022).

Ia menjelaskan, durasi perjalanan ke luar kota untuk anak pasti terasa sangat lama. Untuk itu, perlu disiapkan aktivitas agar ia tetap sibuk dan tidak bosan.

"Waktu dia membereskan, merapikan (mainannya), itu udah menyita waktu sebenarnya, supaya dia enggak cepat bosan," katanya.

Mainan yang bisa dibawa, lanjut Nina, diusahakan jangan mainan yang mudah tercerai-berai seperti Lego atau mainan balok, karena lebih sulit untuk dibereskan.

"Bawakan mainan yang agak lebih compact. Misalnya mainan dengan magnet, bunyi-bunyi, tapi jangan yang terlalu berisik juga, karena akan mengganggu perjalanan. Pengemudi juga jadi terganggu," jelas Nina.

Baca juga: Lakukan Hal Ini Agar Anak Tidak Rewel Saat Perjalanan Jarak Jauh

Di luar mainan, orang tua juga bisa menciptakan aktivitas permainan sederhana. Hal ini bisa menyibukkan anak dan melibatkan sang pengemudi, agar tidak terlalu suntuk dan jenuh selama berkendara.

Beberapa contoh permainan yang bisa dilakukan, menurut Nina, misalnya menghitung mobil berdasarkan warna dan bermain sambung kata.

Persiapan terhadap hal-hal ini bisa mengurangi risiko kecelakaan dan kejenuhan pengemudi. "Kalau misalnya dia tidak menyadari hal-hal itu, nanti ketika anaknya rewel dikit, dia jadi sensitif, jadi kesel dan bawaannya mau marah," papar Nina.

Dengan menyiapkan aktivitas-aktivitas ini, anak tidak akan jenuh dan cenderung lebih cepat merasa lelah, sehingga bisa tidur lebih nyenyak selama perjalanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com