Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Gelar Juara Dunia Terbaik The Doctor, Salah Satunya karena Ban

Kompas.com - 02/01/2022, 16:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah karier yang panjang selama 26 tahun Valentino Rossi resmi pensiun usai musim 2021. Berbagai memori datang dari masa lalu termasuk masa-masa keemasan Rossi.

Selama kariernya The Doctor berhasil memenangkan 115 race, 235 podium dengan 199 di antaranya di kelas utama. Rossi mendominasi di awal milenium baik di Honda maupun di Yamaha.

Baca juga: Jadwal Balap MotoGP Musim 2022, GP Mandalika Digelar 20 Maret

Hasil MotoGP Valencia: Pebalap Yamaha SRT Italia Valentino Rossi melambai kepada para penggemar saat ia membalap pada sesi latihan bebas di MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo di Cheste pada 13 November 2021.AFP/JOSE JORDAN Hasil MotoGP Valencia: Pebalap Yamaha SRT Italia Valentino Rossi melambai kepada para penggemar saat ia membalap pada sesi latihan bebas di MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo di Cheste pada 13 November 2021.

“Saya pikir, masa terkuat (keemasan) saya mulai dari 2001 hingga 2005,” ungkap Rossi mengutip Tuttomotoriweb.it, Minggu (2/1/2022).

Selama kariernya Rossi juga mengalami pasang surut. Pada periode keemasannya tersebut dia memutuskan langkah berani dengan pindah dari Honda ke Yamaha pada 2004.

Langkah yang saat ini dikenang sebagai keberhasilan Rossi, yakni pindah pabrikan motor tapi berhasil merebut gelar juara dunia.

Baca juga: Produk BBM Shell Regular RON 90 Resmi Dihapus per Januari 2022

Davide Brivio bersama Valentino Rossi dan Colin Edwards Foto: Tuttmotoriweb/ Getty Images Davide Brivio bersama Valentino Rossi dan Colin Edwards

“Selama karir saya yang panjang, saya juga mengalami banyak momen sulit. Ada tiga kejuaraan yang tak terlupakan yang menandai karier saya. Ketiga gelar ini adalah yang terpenting dalam karier saya,” katanya.

Tiga gelar juara dunia tersebut merupakan gelar tahun 2001, 2004 dan 2008. Adapun gelar 2008 itu berhasil diraihnya setelah dua musim yang sulit.

“Pada saat itu karier biasanya berakhir. Namun dengan beralih ke ban Bridgestone, saya kembali ke posisi teratas. Saya bertarung dengan Lorenzo, Stoner dan Pedrosa dan memenangkan dua kejuaraan lagi. Saya pikir itu adalah momen terpenting dalam karir saya,” ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com