Layanan Bus Trans Banyumas Dihentikan Sementara

Kompas.com - 01/01/2022, 15:02 WIB
Bus Trans Banyumas akan beroperasi awal Desember 2021. KOMPAS.COM/DOK PEMKAB BANYUMASBus Trans Banyumas akan beroperasi awal Desember 2021.

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Layanan buy the service (BTS) bus Trans Banyumas di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, dihentikan sementara mulai 1 Januari 2022.

Seperti yang diketahui, layanan bus BTS ini baru saja beroperasi pada 6 Desember lalu untuk koridor 3. Kemudian menyusul BTS koridor 3 pada 18 Desember dan terakhir BTS koridor 2 pada 31 Desember 2021.

Baca juga: Honda Ungkap Calon Pesaing Voxy dan Serena, Siap Meluncur 2022

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Banyumas Agus Nur Hadi mengatakan, layanan Trans Banyumas dihentikan sementara karena adanya pertimbangan teknis.

"Sehubungan dengan adanya pertimbangan teknis/sistem, maka layanan Trans Banyumas program BTS dihentikan sementara waktu terhitung sejak 1 Januari 2022" kata Agus dilansir Kompas.com, Sabtu (1/1/2022).

Bus medium Trans BanyumasDOK. NEW ARMADA Bus medium Trans Banyumas

Agus menambahkan, bus Trans Banyumas akan dioperasikan kembali pada akhir bulan ini. Pihaknya meminta masyarakat untuk maklum dengan keputusan ini dan menunggu pemberitahuan lebih lanjut.

Baca juga: Sri Mulyani Bicara Soal Nasib Perpanjangan Diskon PPnBM

"Layanan bus Trans Banyumas program BTS ini akan dilanjutkan kembali pada akhir bulan Januari 2022 atau menunggu pemberitahuan lebih lanjut. Kepada seluruh masyarakat mohon maklum," ucap Agus.

Agus menjelaskan, layanan bus BTS ini merupakan program dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), dimana semua sistem berada disana dan pihak dishub hanya sebagai operator saja.

Kabin bus medium Trans BanyumasDOK. NEW ARMADA Kabin bus medium Trans Banyumas

Sebenarnya sejak diluncurkan pertama kali, bus Trans Banyumas diklaim berjalan dengan baik dan mendapatkan respon positif dari masyarakat.

Baca juga: Pengemudi yang Melakukan Lane Hogger Bisa Dikenakan Sanksi?

"Operasional bus BTS yang melayani tiga koridor dengan 52 unit bus berjalan dengan baik dengan load factor rata-rata 90,84 persen terhitung sejak awal dioperasikan," kata dia.

Banyumas menjadi satu-satunya kota kecil di Indonesia yang menyediakan Bus BTS. Layanan serupa telah diluncurkan di 6 kota besar, yaitu Palembang, Solo, Bali, Yogyakarta, Medan dan Makassar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.