Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layanan Bus Trans Banyumas Dihentikan Sementara

Kompas.com - 01/01/2022, 15:02 WIB
Arif Nugrahadi,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Layanan buy the service (BTS) bus Trans Banyumas di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, dihentikan sementara mulai 1 Januari 2022.

Seperti yang diketahui, layanan bus BTS ini baru saja beroperasi pada 6 Desember lalu untuk koridor 3. Kemudian menyusul BTS koridor 3 pada 18 Desember dan terakhir BTS koridor 2 pada 31 Desember 2021.

Baca juga: Honda Ungkap Calon Pesaing Voxy dan Serena, Siap Meluncur 2022

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Banyumas Agus Nur Hadi mengatakan, layanan Trans Banyumas dihentikan sementara karena adanya pertimbangan teknis.

"Sehubungan dengan adanya pertimbangan teknis/sistem, maka layanan Trans Banyumas program BTS dihentikan sementara waktu terhitung sejak 1 Januari 2022" kata Agus dilansir Kompas.com, Sabtu (1/1/2022).

Bus medium Trans BanyumasDOK. NEW ARMADA Bus medium Trans Banyumas

Agus menambahkan, bus Trans Banyumas akan dioperasikan kembali pada akhir bulan ini. Pihaknya meminta masyarakat untuk maklum dengan keputusan ini dan menunggu pemberitahuan lebih lanjut.

Baca juga: Sri Mulyani Bicara Soal Nasib Perpanjangan Diskon PPnBM

"Layanan bus Trans Banyumas program BTS ini akan dilanjutkan kembali pada akhir bulan Januari 2022 atau menunggu pemberitahuan lebih lanjut. Kepada seluruh masyarakat mohon maklum," ucap Agus.

Agus menjelaskan, layanan bus BTS ini merupakan program dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), dimana semua sistem berada disana dan pihak dishub hanya sebagai operator saja.

Kabin bus medium Trans BanyumasDOK. NEW ARMADA Kabin bus medium Trans Banyumas

Sebenarnya sejak diluncurkan pertama kali, bus Trans Banyumas diklaim berjalan dengan baik dan mendapatkan respon positif dari masyarakat.

Baca juga: Pengemudi yang Melakukan Lane Hogger Bisa Dikenakan Sanksi?

"Operasional bus BTS yang melayani tiga koridor dengan 52 unit bus berjalan dengan baik dengan load factor rata-rata 90,84 persen terhitung sejak awal dioperasikan," kata dia.

Banyumas menjadi satu-satunya kota kecil di Indonesia yang menyediakan Bus BTS. Layanan serupa telah diluncurkan di 6 kota besar, yaitu Palembang, Solo, Bali, Yogyakarta, Medan dan Makassar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com