Cerita Randy Mamola, Bonceng Banyak Orang Terkenal Naik Ducati Moto X2

Kompas.com - 01/01/2022, 14:21 WIB
Ducati Moto X2 PSP/LukaszSwiderekDucati Moto X2

JAKARTA, KOMPAS.com - Dorna Sports memiliki program seru dalam gelaran MotoGP, yakni mengajak penonton yang beruntung untuk berboncengan menggunakan motor balap Ducati Moto X2.

Pesertanya ada yang diambil dari undian berhadiah. Tapi, ada juga yang membayar hingga 2.500 euro atau sekitar Rp 40 jutaan yang nantinya akan didonasikan melalui Riders For Health.

Baca juga: Boncengan Naik Motor MotoGP Ducati Moto X2, Digeber Hingga 300 Kpj

Namun, pengendaranya bukanlah pebalap MotoGP yang aktif. Tapi, mantan pebalap GP500, yakni Randy Mamola. Pebalap asal Amerika tersebut sudah menjadi juara 13 kali dan 59 kali naik podium.

Ducati Moto X2Bonnie Lane Ducati Moto X2

Mamola tidak sendiri, dia juga ditemani beberapa mantan pebalap lainnya. Dia adalah salah satu pencetus program tersebut.

"Ide orisinal berasal dari bos mantan tim balap saya, Kenny Roberts. Ide itu datang ketika Anda masih bisa membawa motor balap GP ke rumah dan mengendarainya. Kami mencoba membuat 'Twin Seater dengan Yamaha," ujar Mamola, dikutip dari Speedweek.com, Sabtu (1/1/2022).

Baca juga: Daftar Kepala Kru yang Tangani Pebalap MotoGP 2022

Program ini juga sempat berjalan selama dua tahun menggunakan Yamaha. Setelah itu, dilanjutkan dengan menggunakan Ducati hingga sekarang dan sudah berjalan selama belasan tahun.

Ducati Moto X2.  AFP PHOTO / Filippo MONTEFORTE (Photo by FILIPPO MONTEFORTE / AFP)FILIPPO MONTEFORTE Ducati Moto X2. AFP PHOTO / Filippo MONTEFORTE (Photo by FILIPPO MONTEFORTE / AFP)

Mamola mengatakan, dirinya sudah membawa banyak penumpang yang merupakan orang penting, seperti mantan bos Formula One Group Bernie Ecclestone di 2001, Matt LeBlanc di 2010, Pangeran Harry di 2009, David Bisbal di 2008, Allan McNish di 2008, dan masih banyak lagi lainnya.

Tak terkecuali Keanu Reeves, pebalap F1 Marc Gene, Martin Brundle, pemain bola terkenal, pemenang piala Oscar, dan lainnya yang tidak bisa diingat satu per satu oleh Mamola senndiri. Bahkan, pebalap F1 legendaris, yakni Michael Schumacher di Mugello.

Ducati Moto X2. AFP PHOTO Mario Laporta (Photo by MARIO LAPORTA / AFP)MARIO LAPORTA Ducati Moto X2. AFP PHOTO Mario Laporta (Photo by MARIO LAPORTA / AFP)

"Ketika itu, Schumi membalap untuk Ferrari melawan Alonso untuk gelara juara dunia F1. Balapannya baru akan digelar seminggu kemudian di Silverstone. Sebelum mulai, bos Ducati Claudio Domenicali berbisik di telinga, 'Randy, jika Schumi terluka sedikit saja, saya akan membunuhmu'," kata Mamola.

Meskipun sudah berpengalaman, tapi mengendarai motor balap di sirkuit dengan berboncengan tetaplah memiliki risiko tinggi. Mamola sendiri pernah terjatuh dua kali.

Ducati Moto X2.  AFP PHOTO / Mario LAPORTA (Photo by MARIO LAPORTA / AFP)MARIO LAPORTA Ducati Moto X2. AFP PHOTO / Mario LAPORTA (Photo by MARIO LAPORTA / AFP)

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.