Kompas.com - 01/01/2022, 14:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tesla merupakan produsen mobil listrik yang sudah menyematkan teknologi otonom. Namun, saat ini tingkatannya masih ada di Level 2.

Untuk diketahui, teknologi otonom terdiri dari enam tingkatan. Pada Level 2, teknologi ini menawarkan bantuan menyetir, mengerem, dan mengakselerasi untuk pengemudi.

Tapi, masih tetap membutuhkan intervensi dari pengemudi. Contohnya, fitur Lane Centering dan Adaptive Cruise Control yang bekerja pada saat bersamaan.

Baca juga: Mobil Listrik Kia EV6 Patahkan Rekor Dunia Milik Tesla

 

Dikutip dari Carbuzz.com, Sabtu (1/1/2022), pada suatu wawancara podcast, Elon Musk menyebutkan bahwa teknologi otonom Level 4 akan diterapkan pada mobil Tesla pada 2022.

TeslaDok. Carbuzz Tesla

"Sepertinya itu akan terjadi pada tahun depan," ujar Elon Musk, ketika ditanya soal teknologi otonom Level 4.

Mengingat saat ini Tesla belum menyempurnakan teknologi otonom Level 3, tak sedikit yang meragukan pernyataan dari Elon Musk tersebut.

Baca juga: Bukan Sembarang T, Ini Arti dari Logo Tesla

Dalam wawancara, ia mencatat bagaimana intervensi per juta mil telah "turun dengan cepat," dan mengikuti tren ini, kemungkinan kecelakaan di Tesla Model S yang dilengkapi dengan perangkat lunak Full Self Driving (FSD) akan lebih kecil daripada "rata-rata manusia".

Ilustrasi kendaraan otonomDok. Carbuzz Ilustrasi kendaraan otonom

Definisi dari "rata-rata manusia" yang diucapkan oleh Elon Musk juga dipertanyakan. Saat ini, sudah terjadi banyak kecelakaan dan nyaris kecelakaan, karena menggunakan FSD. Jadi, tidak cukup hanya sekadar lebih baik dari "rata-rata manusia".

Teknologi otonom Level 3 saat ini baru dimiliki oleh Honda dengan model Legend Hybrid EX alias Acura RLX. Pada tingkatan ini, mobil memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan menyalip kendaraan yang ada di depannya yang melaju lebih lambat.

Meskipun fitur FSD milik Tesla tampak sudah ada di permukaan, tapi masih membutuhkan terlalu banyak koreksi dari pengemudi untuk dianggap secanggih itu. Ditambah lagi, jika Tesla secara resmi menetapkan FSD sebagai Level 4, itu akan lebih diawasi dari regulator.

Ilustrasi kendaraan otonomDok. Carbuzz Ilustrasi kendaraan otonom

Meskipun, Tesla awalnya menjanjikan teknologi otonom Level 5 pada tahun 2021, yang melibatkan mobil tanpa setir kemudi atau kontrol manusia, Tesla mengakui masih jauh dari mencapai tujuan ini.

Berdasarkan tes independen dari perangkat lunak FSD Tesla, banyak yang meragukan Elon Musk bisa menghadirkan teknologi otonom Level 4 pada mobil buatannya.

Apalagi, beberapa kali pernyataan Elon Musk tidak pernah tepat waktu. Contohnya, kendaraan otonom akan hadir dua tahun lagi (dijanjikan saat 2016), satu juta robotaxis di jalan (dijanjikan pada 2020), dan beberapa kendaraan yang mundur peluncurannya, seperti Roadster, Semi, dan Cybertruck.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.