Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Honda, Ducati Sebut Yamaha Sebagai Kompetitor Terbesar

Kompas.com - 01/01/2022, 13:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ducati merupakan salah satu pabrikan paling kompetitif di MotoGP. Itu semua tidak lepas dari pemikiran yang dimiliki General Manager Ducati Corse Gigi Dall'Igna.

Gigi merupakan salah satu orang yang jenius dan berhasil membuat banyak terobosan di MotoGP. Dengan banyaknya inovasi yang dilakukan, para kompetitor bisa dibuat kesulitan.

Baca juga: Boncengan Naik Motor MotoGP Ducati Moto X2, Digeber Hingga 300 Kpj

Bahkan, banyak kompetitor yang mengikuti jejak Ducati. Sebut saja penggunaan winglet, aero fairing, holeshot device, ride height device, dan lainnya.

Francesco Bagnaia saat balapan pada MotoGP Emilia Romagna 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)ANDREAS SOLARO Francesco Bagnaia saat balapan pada MotoGP Emilia Romagna 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)

Sayangnya, justru pabrikan lain yang menjadi lebih kompetitif dan berhasil jadi juara dunia di kategori pebalap. Sementara Ducati, masih belum berhasil menjadi juara dunia sejak 2007 melalui Casey Stoner.

Meskipun banyak diikuti pabrikan lain, tapi Gigi juga mengatakan bahwa ada juga inovasi dari kompetitor yang membuatnya tertarik.

Baca juga: Ducati Buka Pintu Untuk Valentino Rossi

"Transmisi seamless yang Honda perkenalkan, itu ide yang sangat bagus," ujar Gigi, dikutip dari Speedweek.com, Sabtu (1/1/2022).

Fabio Quartararo dan Jack Miller saat balapan pada MotoGP Styria 2021. (Photo by Joe Klamar / AFP)JOE KLAMAR Fabio Quartararo dan Jack Miller saat balapan pada MotoGP Styria 2021. (Photo by Joe Klamar / AFP)

Gigi mengatakan, selalu sulit baginya untuk membicarakan tentang pabrikan lain. Namun, menurutnya, kompetitor utama saat ini adalah Yamaha.

"Dengan Fabio Quartararo, mereka memiliki pebalap yang sangat bagus. Mereka memenangkan gelar, itu membuktikan mereka benar," kata Gigi.

Sementara Ducati sendiri, menurut Gigi, sudah melakukan tugasnya dengan baik. Ducati kembali kompetitif lagi di musim 2021 dan itu juga sangat penting untuk merek Ducati sendiri.

Dua pebalap Ducati Francesco Bagnaia dan Jack Miller berhasil naik podium pada balapan MotoGP Algarve di Sirkuit Internasional Algarve, Portugal, Minggu (7/11/2021) malam WIB.AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRA Dua pebalap Ducati Francesco Bagnaia dan Jack Miller berhasil naik podium pada balapan MotoGP Algarve di Sirkuit Internasional Algarve, Portugal, Minggu (7/11/2021) malam WIB.

"Tapi, itu tidak berlaku untuk para penggemar, pada saya, dan juga para pebalap, karena yang terpenting adalah klasemen pebalap. Tapi, menjadi pabrikan paling top selama bertahun-tahun juga sangat berarti," ujar Gigi.

Dari 18 seri yang digelar pada MotoGP 2021, Ducati hanya empat kali absen dari podium. Selain itu, Ducati juga berhasil meraih 11 pole position.

Di klasemen pebalap, Francesco Bagnaia di peringkat kedua, Jack Miller di peringkat keempat, Johann Zarco di peringkat kelima, Jorge Martin yang meraih Rookie of the Year ada di peringkat kesembilan. Lalu, Enea Bastianini ada di peringkat kesebelas dan Luca Marini di peringkat kesembilanbelas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com