Road Trip Butuh Rencana Matang, Hitung Jarak Antar Rest Area

Kompas.com - 01/01/2022, 11:02 WIB
Rest area KM 519 A Tol Trans-Jawa Dokumentasi Jasamarga PropertiRest area KM 519 A Tol Trans-Jawa

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika hendak melakukan perjalanan lintas daerah seperti road trip saat libur tahun baru, diperlukan perencanaan yang matang agar aktivitas mengemudi tetap nyaman, termasuk jeda istirahat dan lokasinya.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), turut menyebutkan bahwa jeda istirahat penting dilakukan jika perjalanan yang ditempuh lebih dari 3 jam lamanya.

“Jadi setelah melakukan perjalanan maksimal 3 jam, wajib beristirahat selama 30 menit. Dan menyisihkan waktu tiga menit untuk stretching dan itu harus didukung oleh penumpangnya,” ujar Sony kepada Kompas.com belum lama ini.

Agar perencanaan perjalanan bisa dilakukan dengan matang, perlu diketahui jarak interval antar rest area di jalan tol.

Baca juga: Bus Tingkat PO Agung Sejati, Dicat Ulang Karoseri Laksana

Dalam aturan resmi, Peraturan Menteri PUPR Nomor 28 Tahun 2021 tentang Tempat Istirahat dan Pelayanan pada Jalan Tol telah mengatur jarak minimal antar rest area tiap tipenya.

Pada Pasal 25 Peraturan Menteri tersebut, tertulis bahwa jarak rest area tipe A dengan rest area tipe A berikutnya paling sedikit 20 kilometer. Selanjutnya, jarak antara rest area tipe A dengan tipe B, minimal 10 kilometer.

Suasana di Resta Pendopo yang berada di Tol Semarang-Solo KM456KOMPAS.com/Dian Ade Permana Suasana di Resta Pendopo yang berada di Tol Semarang-Solo KM456

Selanjutnya, jarak antara rest area tipe B dengan rest area tipe B berikutnya paling sedikit adalah 10 kilometer. Lalu yang terakhir untuk rest area tipe C dengan rest area lain apa pun tipenya paling sedikit sejauh 2 kilometer.

Meski begitu, dalam implementasinya pembangunan rest area bisa memiliki jarak interval yang berbeda dari aturan tersebut sesuai kondisi dan situasi di lapangan, setelah mendapatkan persetujuan dari regulator terkait.

Baca juga: Pengemudi Wajib Tahu Durasi Aman Saat Berkendara Jarak Jauh

Rest Area dengan Fasilitas Kesehatan Selama Libur Nataru

Guna meningkatkan pelayanan kepada pengguna jalan tol, PT Jasa Marga dan PT Jasa Raharja bekerjasama melalui pendirian Posko Siaga Layanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) di sejumlah rest area jalan tol Jasa Marga Group, hingga 2 Januari 2022.

Di Posko Siaga ini, layanan yang diberikan berupa pengecekan kesehatan dalam bentuk cek tensi darah dan penyediaan obat-obatan ringan. Ada pula pengecekan tekanan ban kendaraan dan pengisian nitrogen gratis.

Lebih detail, Posko Siaga yang sudah disiapkan berada di rest area berikut ini.

  • Km 57 A Tol Jakarta-Cikampek
  • Km 62 B Tol Jakarta-Cikampek
  • Km 88 B Tol Cipularang
  • Km 207 A Tol Palimanan-Kanci
  • Km 208 B Tol Palimanan-Kanci
  • Km 147 A Tol Padaleunyi
  • Km 519 A Tol Solo-Ngawi
  • Km 519 B Tol Solo-Ngawi
  • Km 66 A Tol Pandaan-Malang
  • Km 66 B Tol Pandaan-Malang
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.