Tips Terabasan Buat Pemula, Jangan Main Masuk Hutan

Kompas.com - 01/01/2022, 10:42 WIB
Yamaha WR 155R Fun Riding Competition di Bukit Hambalang, Sentul, Bogor DOK. YIMMYamaha WR 155R Fun Riding Competition di Bukit Hambalang, Sentul, Bogor

BOGOR, KOMPAS.com – Melakukan olah raga ekstrem dengan motor trail memang bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan. Apalagi ketika terabasan di jalur off road, termasuk hutan lindung, atau sekadar perkebunan rindang, pengendara bisa merasakan segarnya berada di tengah alam.

Bagi yang mau mencoba olahraga terabasan ini, ada beberapa tips yang harus diperhatikan. Tips berikut ini diberikan oleh Muhammad Arief, Trainer Yamaha Riding Academy.

Tips pertama untuk pemula adalah belajar basic berkendara off road. Mengingat ketika mengendarai motor di jalanan aspal dengan kontur tanah sangat berbeda rasanya, tidak bisa disamakan cara berkendaranya.

Baca juga: Tim Balap Rossi Berubah Jadi Mooney VR46 Racing Team

Yamaha WR 155R Fun Riding Competition di Bukit Hambalang, Sentul, BogorDOK. YIMM Yamaha WR 155R Fun Riding Competition di Bukit Hambalang, Sentul, Bogor

“Kalau pemula banget, pertama bagusnya belajar basic di lapangan tanah yang kosong. Jadi latihan dasar seperti posisi berkendara, cara pengereman, uphill, downhill, dan cara menyeimbangkan motor,” ucap Arief di Sentul belum lama ini.

Kemudian jika mau masuk ke jalur terabas, safety gear yang digunakan harus lengkap. Misalnya seperti helm dan goggles (kacamata) itu dipasang dengan benar. Sering ditemui goggles dipasang di bagian dagu atau samping helm.

“Sebisa mungkin protektor dada itu dipakai. Di jalur itu ada batu, pohon dan obyek lainnya berpotensi besar bersentuhan dengan badan. Kemudian protektor leher juga digunakan, jadi saat jatuh leher tidak patah karena menahan helm,” kata Arief.

Baca juga: Suzuki Satria F150 dengan Grafis Baru Meluncur, Harga Rp 26 Jutaan

Begitu juga soal sepatu, harus yang khusus untuk off road yang melindungi kaki secara penuh. Jangan lupa meggunakan protektor tangan serta lutut yang membantu mengurangi cedera ketika terjatuh.

“Sebisa mungkin bareng dengan teman yang sudah biasa main di jalur. Jadi kita bisa mengikuti jalur dia untuk belajar,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.