SPKLU Pertama di Riau Resmi Beropersi, Ini Lokasinya

Kompas.com - 01/01/2022, 09:22 WIB

PEKANBARU. KOMPAS.com - PT PLN (Persero) wilayah Riau dan Kepulauan Riau (Kepri) membangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

SPKLU pertama di Riau ini berlokasi di kawasan Kantor Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Jalan Setia Budi, Kota Pekanbaru, Riau.

SPKLU pertama ini diresmikan langsung oleh Gubernur Riau, Syamsuar bersama Executive President Transmisi Regional Sumatera-Kalimantan PT PLN, Nur Wahyu Dhinianto, dan General Manager PLN Riau-Kepri, Hartono, Jumat (31/12/2021).

Baca juga: Avanza Lane Hogger Bikin Kesal Berjalan Lambat di Sisi Kanan Tol

Gubernur Riau Syamsuar mengatakan, adanya SPKLU ini dapat mendorong masyarakat, khususnya di Provinsi Riau agar beralih ke kendaraan listrik berbasis baterai.

"Kendaraan listrik ini, selain hemat energi juga ramah lingkungan dan mendukung program pemerintah dalam mengurangi emisi karbon serta menekan penggunaan bahan bakar minyak (BBM). Hal ini juga sejalan dengan program Riau Hijau untuk menciptakan udara yang lebih bersih," kata Syamsuar dolansir Kompas.com, Jumat (31/12/2021).

Mobil listrik Lexus UX 300e saat melakukan pengisian daya di SPKLU.KOMPAS.com/GILANG SATRIA Mobil listrik Lexus UX 300e saat melakukan pengisian daya di SPKLU.

Setelah mencoba langsung SPKLU yang telah diresmikan, Gubernur Riau dan petinggi PLN Riau-Kepri berkeliling menggunakan mobil listrik.

Sementara itu, Executive Vice President Transmisi Sumatera-Kalimantan PT PLN, Nur Wahyu Dhinianto menjelaskan, penyediaan infrastruktur Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) ini diberikan mandat oleh pemerintah dalam bentuk penugasan kepada PLN yang tertuang dalam Perpres dan peraturan menteri ESDM.

Baca juga: Bedanya Pengemudi Teredukasi dan Tidak di Jalan Raya

"Untuk percepatan pembangunan infrastruktur KBLBB dalam hal ini SPKLU, PLN membuka kesempatan bagi pihak swasta untuk ikut berpartisipasi dengan skema bisnis yang sudah disiapkan oleh PLN. Kami juga mohon dukungan dari stakeholder pemerintahan dan komunitas kendaraan listrik di Riau serta semua pihak untuk dapat mewujudkan Electric Life Style di Provinsi Riau," kata Wahyu.

Sementara untuk tarif pengisian listrik untuk kendaraan, pengguna harus membayar Rp 1.450 per KWh. SPKLU yang ada di Kantor PLN UP3 Pekanbaru termasuk dalam kategori fast charging atau pengisian cepat dengan Tipe 50 kW.

SPKLU perdana PLN di KalimantanPLN SPKLU perdana PLN di Kalimantan

Kemudian untuk tahun 2022, telah disiapkan penambahan 3 unit SPKLU yang diharapkan untuk lebih mendorong jumlah pengguna mobil listrik agar Electric Lifestyle di Provinsi Riau bisa segera terwujud.

Baca juga: Jalur Puncak Dialihkan Via Jonggol-Sukabumi Jelang Malam Tahun Baru

"Kami berharap infrastruktur yang PLN bangun tidak hanya dapat mendukung program transisi energi pemerintah menjadi energi yang lebih bersih, namun dapat mendorong animo masyarakat untuk beralih menggunakan kendaraan listrik," General Manager PLN Riau-Kepri, Hartono.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.