Kompas.com - 31/12/2021, 18:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasan lautan pasir Gunung Bromo bebas kendaraan bermotor selama masa libur akhir tahun, yakni 2-3 Januari 2022 mendatang hingga pukul 18.00 WIB.

Plt Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) Novita Kusuma Wardani mengatakan putusan tersebut diberlakukan untuk menghormati adat dan budaya masyarakat Tengger pada Wulan Kapitu.

"Pada awal Wulan Kapitu, pada 2 Januari mulai pukul 18.00 WIB sampai 3 Januari pukul 18.00 WIB, dilakukan penutupan dari kendaraan bermotor, kecuali untuk kedaruratan," kata Novita, Rabu (29/12/2021).

Baca juga: Pasar Ekspor Otomotif Tahun Depan Diperluas ke Australia

Matahari terbit dari Bukit Kingkong, untuk melihat puncak Bromo, kawasan Gunung Bromo, Podokoyo, Tosari, Pasuruan, Jawa Timur.MonkeyFoto/Shutterstock Matahari terbit dari Bukit Kingkong, untuk melihat puncak Bromo, kawasan Gunung Bromo, Podokoyo, Tosari, Pasuruan, Jawa Timur.

Dijelaskan, pada periode terkait kendaraan bermotor hanya boleh sampai titik yang ditentukan saja. Rinciannya, dari arah Pasuruan di Pakis Bincil dan arah Probolinggo di Cemorolawang.

Sementara dari arah Lumajang dan Malang, batasnya di Jemplang. Lewat dari itu, wistawan harus berjalan kaki, sewa tandu, atau naik kuda.

Pembatasan kendaraan bermotor itu, lanjutnya, merespons surat yang dikeluarkan oleh Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Probolinggo pada 14 Desember 2021 perihal Pemberitahuan Wulan Kapitu.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Data, Evaluasi, dan Humas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Sarif Hidayat menambahkan, pada malam perayaan tahun baru, kawasan wisata Bromo juga akan tetap beroperasi.

Hal itu sesuai dengan status level PPKM di masing-masing wilayah penyangga.

Baca juga: Avanza Lane Hogger Bikin Kesal Berjalan Lambat di Sisi Kanan Tol

Kawasan wisata Bromo yang terletak di empat wilayah, yakni Kabupaten Malang, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Pasuruan telah dibuka dengan membatasi jumlah pengunjung maksimal 25 persen dari total daya tampung.

Wisatawan wajib membeli tiket masuk secara daring melalui https://www.bookingbromo.bromotenggersemeru.org/. Penjualan tiket secara langsung atau on the spot masih belum tersedia untuk menghindari kerumunan.

Harga tiket masuk pada hari kerja mulai dari Rp 29.000 tiap orang, sedangkan pada saat libur atau weekend mulai dari Rp 34.000.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.