Kompas.com - 30/12/2021, 21:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai pengendara mobil, penting untuk mengenal alat-alat teknis yang ada pada mobil agar tahu apa yang harus dilakukan jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan pada mobil.

Salah satu kendala yang paling umum selama berkendara ialah ban pecah. Selain mempersiapkan ban serep, pengendara mobil juga harus menyiapkan dongkrak untuk membantu mengganti ban yang pecah atau rusak.

Ban serep dan dongkrak merupakan benda yang wajib ada pada mobil, berdasarkan Undang Undang tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalanan (UU LLAJ) no. 57 butir pertama.

Baca juga: Cara Aman Berkendara Jarak Jauh di Malam Hari

"Kalau di Indonesia ini kan masuk regulasi. Kalau di negara-negara lain, ada yang tidak masuk regulasi," kata Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Rabu (19/12/2021).

Beda beban mobil, maka beda dongkraknya. Bambang menjelaskan, bahwa dongkrak yang dipakai tiap kendaraan, berbeda tergantung dari bebannya.

Dua jenis dongkrak yang paling umum digunakan adalah dongkrak ketupat dan dongkrak hidrolik. Dongkrak ketupat menjadi standar dongkrak mobil-mobil penumpang, dengan beban maksimal satu hingga dua ton.

"Kalau komersial, itu baru mayoritas hidrolik. Tapi kalau passenger atau misalnya pikap, nah itu pakai yang bentuknya ketupat," jelas Bambang. "Kalau mobil kan bebannya sekitar satu ton. Kalau satu sisi diangkat, kira-kira cuma 300-400 kg."

Posisi tumpuan dongkrak pada Daihatsu Terios (ban depan kanan).Febri Ardani Posisi tumpuan dongkrak pada Daihatsu Terios (ban depan kanan).

Secara umum ada empat jenis dongkrak.

1. Dongkrak Ketupat

Dongkrak ini merupakan dongkrak yang paling umum digunakan, dan seringkali diberikan saat pertama kali membeli mobil. Dongkrak ini merupakan peralatan standar yang harus ada di mobil.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.