Kompas.com - 30/12/2021, 17:21 WIB
Ruang Kemudi X3 BMW Kompas.com/Wisnu NugrohoRuang Kemudi X3 BMW

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak semua ruang kemudi mobil berada di sebelah kanan. Di beberapa bagian dunia lainnya, mobil diproduksi dengan kemudi di sebelah kiri.

Perbedaan letak kemudi setir pada mobil ternyata dipengaruhi oleh kebiasaan negara tempat produksi mobil tersebut. Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Mobil, Bambang Supriyadi, mengatakan bahwa tidak ada alasan teknis di balik perbedaan ini.

"Itu lebih kepada kebiasaan masyarakat. Tidak ada alasan khusus secara teknis," kata Bambang pada Kompas.com, Rabu (29/12/2021).

Baca juga: Ladies, Hentikan Kebiasaan Dandan Sambil Menyetir Mobil

Disitat dari Kompas.com, asal mula peletakkan setir sebelah kanan, jika dilihat dari sisi Inggris, ternyata berkaitan dengan kebiasaan Inggris saat dikuasai Romawi. Saat itu, semua orang yang berperang beraktivitas dengan tangan kanan.

Misalnya, saat berperang, ksatria beradu pedang dengan musuh di sebelah kanan, karena biasanya saat itu orang memakai pedang dengan tangan kanan.

Sedangkan peletakkan setir di sebelah kiri bermula pada akhir tahun 1700an, di mana kusir di Perancis dan Amerika Serikat mengangkut hasil pertanian dengan menggunakan kereta kuda yang pusat kemudinya berada di sebelah kiri kuda.

Perbedaan letak setir kemudian juga mempengaruhi letak tuas-tuas operasional mobil, seperti tuas sein dan wipers. Letaknya di balik menyesuaikan dengan setir. Jika setir berada di sebelah kanan, maka tuas sein berada di kanan dan tuas wipers di kiri.

Ilustrasi memegang setir dengan kedua tanganIndriTraveller/Toyota Astra Ilustrasi memegang setir dengan kedua tangan

Secara teknis, tuas sein diletakkan di arah yang berlawanan dengan persneling, agar pengemudi bisa tetap mengoperasikan sein sambil mengendalikan persneling.

Sebaliknya, jika setir berada di sebelah kiri, maka letak tuas sein dan tuas wipers juga akan terbalik, menyesuaikan dengan setir.

"Kalau mobil Jepang, Indonesia, itu sebelah kanan kan tuas sein. Kalau di mobil Eropa, terbalik. Tuas wipers di kanan, tuas sein di kiri," paparnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.