Alasan Ancol Dipilih Sebagai Lokasi untuk Menggelar Formula E

Kompas.com - 22/12/2021, 16:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelaran Formula E di Indonesia kembali menemukan titik terang. Kali ini, lokasinya sudah ditentukan dengan mempertimbangkan beberapa hal.

Ketua Organizing Committee Formula E Jakarta 2022 Ahmad Sahroni bersama dengan Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Perseroda) (Jakpro) Widi Amanasto dan Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk. Teuku Sahir Syahali telah resmi mengumumkan bahwa Ancol akan menjadi lokasi kegiatan Formula E World Championship 2022 di Jakarta.

Baca juga: Balap Formula E Jakarta Bakal Digelar di Ancol

Hal ini disampaikan dalam konferensi pers yang digelar Ancol, Jakarta Utara, Rabu (22/12/2021). Menurut Sahroni, ada beberapa faktor yang menjadikan Ancol sebagai lokasi yang dipilih.

Salah satu di antaranya adalah lokasi yang ikonik dan tidak mengganggu fasilitas umum.

Gambaran Sirkuit Formula E Jakarta 2022 di Ancol, Jakarta Utara, Rabu (22/12/2021)Dok PT Jakarta Propertindo Gambaran Sirkuit Formula E Jakarta 2022 di Ancol, Jakarta Utara, Rabu (22/12/2021)

“Untuk ajang Formula E yang Insya Allah akan digelar pada Bulan Juni mendatang, berdasarkan keputusan dan assessment bersama FEO (Formula E Operations) dan FIA (Fédération Internationale de l'Automobile), lokasinya sudah ditentukan yaitu di daerah Ancol, Jakarta Utara," ujar Sahroni, dalam keterangan resminya.

Sahroni menambahkan, beberapa hal yang menjadi pertimbangan adalah venue yang ikonik, yang khas Jakarta. Namun, tetap sesuai dengan standar FEO dan FIA.

Baca juga: Bocoran 5 Lokasi yang Jadi Lintasan Formula E di Jakarta

"Selain itu, pertimbangan lainnya adalah tidak mengganggu fasilitas umum. Seperti kita ketahui, jika diadakan di area Gelora Bung Karno maupun Sudirman, maka dibutuhkan penutupan selama beberapa hari, dan hal itu tentunya tidak memungkinkan. Begitu juga di Monas,” kata Sahroni.

Pebalap bersaing dalam lomba Formula E Racing Championship di Brooklyn, New York City, 13 Juli 2019.AFP/GETTY IMAGES/David Dee Delgado Pebalap bersaing dalam lomba Formula E Racing Championship di Brooklyn, New York City, 13 Juli 2019.

Menurut kalender resmi FIA Formula E World Championship 2022, balapan mobil balap elektrik tersebut akan digelar di Indonesia pada 4 Juni 2022 dengan nama Jakarta E-Prix.

Indonesia akan menjadi seri kesembilan dari 16 seri yang akan digelar selama satu musim. Seri pertama akan digelar dalam waktu dekat, tepatnya pada 28 Januari 2022 di Diriyah, Arab Saudi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.