Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Ancol Dipilih Sebagai Lokasi untuk Menggelar Formula E

Kompas.com - 22/12/2021, 16:32 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelaran Formula E di Indonesia kembali menemukan titik terang. Kali ini, lokasinya sudah ditentukan dengan mempertimbangkan beberapa hal.

Ketua Organizing Committee Formula E Jakarta 2022 Ahmad Sahroni bersama dengan Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Perseroda) (Jakpro) Widi Amanasto dan Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk. Teuku Sahir Syahali telah resmi mengumumkan bahwa Ancol akan menjadi lokasi kegiatan Formula E World Championship 2022 di Jakarta.

Baca juga: Balap Formula E Jakarta Bakal Digelar di Ancol

Hal ini disampaikan dalam konferensi pers yang digelar Ancol, Jakarta Utara, Rabu (22/12/2021). Menurut Sahroni, ada beberapa faktor yang menjadikan Ancol sebagai lokasi yang dipilih.

Salah satu di antaranya adalah lokasi yang ikonik dan tidak mengganggu fasilitas umum.

Gambaran Sirkuit Formula E Jakarta 2022 di Ancol, Jakarta Utara, Rabu (22/12/2021)Dok PT Jakarta Propertindo Gambaran Sirkuit Formula E Jakarta 2022 di Ancol, Jakarta Utara, Rabu (22/12/2021)

“Untuk ajang Formula E yang Insya Allah akan digelar pada Bulan Juni mendatang, berdasarkan keputusan dan assessment bersama FEO (Formula E Operations) dan FIA (Fédération Internationale de l'Automobile), lokasinya sudah ditentukan yaitu di daerah Ancol, Jakarta Utara," ujar Sahroni, dalam keterangan resminya.

Sahroni menambahkan, beberapa hal yang menjadi pertimbangan adalah venue yang ikonik, yang khas Jakarta. Namun, tetap sesuai dengan standar FEO dan FIA.

Baca juga: Bocoran 5 Lokasi yang Jadi Lintasan Formula E di Jakarta

"Selain itu, pertimbangan lainnya adalah tidak mengganggu fasilitas umum. Seperti kita ketahui, jika diadakan di area Gelora Bung Karno maupun Sudirman, maka dibutuhkan penutupan selama beberapa hari, dan hal itu tentunya tidak memungkinkan. Begitu juga di Monas,” kata Sahroni.

Pebalap bersaing dalam lomba Formula E Racing Championship di Brooklyn, New York City, 13 Juli 2019.AFP/GETTY IMAGES/David Dee Delgado Pebalap bersaing dalam lomba Formula E Racing Championship di Brooklyn, New York City, 13 Juli 2019.

Menurut kalender resmi FIA Formula E World Championship 2022, balapan mobil balap elektrik tersebut akan digelar di Indonesia pada 4 Juni 2022 dengan nama Jakarta E-Prix.

Indonesia akan menjadi seri kesembilan dari 16 seri yang akan digelar selama satu musim. Seri pertama akan digelar dalam waktu dekat, tepatnya pada 28 Januari 2022 di Diriyah, Arab Saudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com