Video Viral Perempuan Malah Bawa Kabur Motor Jambret

Kompas.com - 12/12/2021, 13:17 WIB
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Video viral di media sosial soal penjambretan. Ada seorang perempuan yang dijambret kemudian melawan dan malah akhirnya membawa motor pelaku.

Berdasarkan video yang diunggah akun Instagram indodepok_id, aksi dilakukan pada siang hari. Awalnya aksi jambret dilakukan sendiri, tapi karena korban melawan akhirnya teman pelaku membantu.

Baca juga: Awas Macet, Ganjil Genap Margonda Depok Masih Berlaku Siang Ini

Sial buat pelaku kejahatan tersebut, korban justru berhasil merebut dan membawa kabur motor penjambret.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Info Depok (@infodepok_id)

Meski terekam kamera CCTV belum dapat dipastikan bahwa hal tersebut benar terjadi atau hanya rekayasa atau settingan demi kebutuhan konten. Tapi terlepas itu aksi penjambretan atau tindak kriminal mesti diwaspadai.

Bahkan sebetulnya bukan cuma perempuan yang sedang jalan kaki dan dijambret tapi juga buat pengendara sepeda motor. Sebab tak sedikit terjadi aksi begal kendaraan bermotor.

Lantas bagaimana cara menyikapi kejahatan seperti itu jika ada jambret atau begal. Pertanyaannya apakah aman melawan penjahat seperti itu?

Rifat Drive Labs Andry Berlianto mengatakan, jika mampu melawan begal yang mengincarnya itu jadi pertahanan pertama tapi mesti lihat kondisi dan kemampuan.

“Misal ketika di atas motor bisa dengan melumpuhkan kendaraan lawan seperti menendang motornya atau menekan rem jika di sisi kanan,” kata Andry belum lama ini kepada Kompas.com.

Baca juga: Polres Bogor Siapkan 10 Posko Pemeriksaan Ganjil Genap Jelang Nataru

Tangkapan layar unggahan aksi jambret di Jalan Aksara, Kelurahan Bantan, Kecamatan Medan Tembung, pada Senin (6/12/2021) pukul 05.00 WIB. Korban seorang ibu rumah tangga dan diduga sempat tidak sadarkan diri. Pelaku diduga menggunakan senjata tajam. Polisi masih melakukan penyelidikan.KOMPAS.COM/DEWANTORO Tangkapan layar unggahan aksi jambret di Jalan Aksara, Kelurahan Bantan, Kecamatan Medan Tembung, pada Senin (6/12/2021) pukul 05.00 WIB. Korban seorang ibu rumah tangga dan diduga sempat tidak sadarkan diri. Pelaku diduga menggunakan senjata tajam. Polisi masih melakukan penyelidikan.

Namun, baiknya memang pengendara tidak bertindak defensif.

“Melawan itu berbahaya terutama untuk diri sendiri. Jadi pastikan lakukan persiapan sebelum berkendara. Fokus perhatikan sekeliling, dan berhenti di tempat aman untuk mencari pertolongan jika merasa diincar,” katanya.

Andry juga menyarankan, jika berkendara malam hari sebaiknya tidak dalam posisi sendiri. Jika ada teman satu rute sebaiknya berjalan bersama-sama atau mudahnya pilih jalan yang ramai.

“Terakhir gunakan riding gear yang baik dan benar untuk mereduksi luka jika terjatuh karena ulah penjahat,” kata.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.