Cara Menyeberang dengan Aman, Tunggu Lalu Lintas Kosong

Kompas.com - 09/12/2021, 10:02 WIB
Tabrakan motor saat berbelok INSTAGRAM/DASHCAM_OWNERS_INDONESIATabrakan motor saat berbelok

JAKARTA, KOMPAS.com – Akun dashcam owners Indonesia di Instagram belum lama ini mengunggah video kecelakaan antara dua motor. Motor pertama ingin menyeberang dan motor satu lagi datang dari arah berlawanan.

Terlihat motor yang menyeberang sudah berada di jalur berlawanan. Namun, dari arah lain datang motor yang nampaknya terlambat mengerem, sehingga tabrakan terjadi.

Melihat kejadian seperti ini, Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana mengatakan, kedua pengendara tadi sama-sama tidak hati-hati di jalan. Pengendara yang mau berbelok sebaiknya menunggu sampai situasi di depan aman untuk dilewati.

Baca juga: Daftar Harga Motor Trail Bekas per Desember 2021

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

 

“Jadi dia tidak tiba-tiba menyeberang jalan. Sedangkan bagi kendaraan yang lurus, sebaiknya selalu waspada ketika berkendara dengan melihat jauh ke depan sehingga bisa memprediksikan bahaya,” ucap Agus kepada Kompas.com, Rabu (8/12/2021).

Agar tidak mengalami kejadian seperti di atas, pengendara motor yang akan berbelok harus lihat kondisi lalu lintas di depan. Sembarangan menyeberang malahan bisa membuat pengguna jalan kaget sehingga tidak bisa menghindar.

Baca juga: Tidur di Kabin Mobil Listrik Kondisi Menyala, Apakah Tetap Berbahaya?

“Banyak kecelakaan terjadi akibat pengendara kurang sabar. Padahal dengan sedikit sabar, tidak akan terjadi kecelakaan di jalan,” kata Agus.

Bagi pengendara yang mau menyeberang, dengan menyalakan lampu sein seharusnya sudah menjadi tanda bagi pengguna jalan di belakang. Jadi pengendara cukup fokus ke arah depan dan menunggu kondisi jalan aman untuk berbelok.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.