Mobil di Depan Pindah Lajur Tiba-tiba, Kasih Klakson Saja

Kompas.com - 09/12/2021, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Pengguna jalan di Indonesia saat ini semakin beragam. Banyak tipe pengemudi yang ada di jalanan, mulai dari yang kalem, agresif, bahkan pemula yang asal pindah lajur tanpa cek blind spot dan pakai lampu sein.

Misalnya seperti video yang diunggah akun dashcam owners Indonesia di Instagram. Pada video tersebut terlihat mobil merah yang main selonong pindah lajur ke kanan, padahal ada mobil di belakangnya.

Mobil perekam pun segera menekan klakson dan untungnya mobil merah tadi batal pindah lajur. Menekan klakson untuk memberi peringatan kepada pengemudi seperti tadi memang sebaiknya dilakukan.

Baca juga: Skutik Honda Scoopy Punya Baju Baru, Harga Masih Sama

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

 

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, bagi pengemudi yang terganggu dengan kelakuan pengguna jalan yang asal selonong, bisa diingatkan dengan cara menekan klakson.

“Atau bisa juga mengalah dan menjauh, yang penting hindari konflik,” ucap Sony kepada Kompas.com, Rabu (8/12/2021).

Klakson tadi sudah cukup untuk mengingatkan pengguna jalan lain kalau dirinya salah. Tapi sebagai pengemudi yang menekan klakson, jangan juga mencari pembenaran dengan cara meminta kendaraan tersebut menepi.

Baca juga: Dikirim Awal 2022, Berapa Pemesanan Hyundai Creta Saat Ini?

“Jangan berlebihan, karena pasti akan konflik, tugas kita cuma mengingatkan. Kadang-kadang kita merasa benar sehingga bertinfak arogan atau semena-mena, itu yang tidak dibenarkan,” ucapnya.

Kemudian untuk pengemudi yang kerap pindah lajur tanpa lihat sekitarnya, segera sadar dan fokus berkendara. Perlu diingat, di jalan raya ada etika yang harus dipahami sebelum berkendara di jalan umum.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.