Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil di Depan Pindah Lajur Tiba-tiba, Kasih Klakson Saja

Kompas.com - 09/12/2021, 09:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pengguna jalan di Indonesia saat ini semakin beragam. Banyak tipe pengemudi yang ada di jalanan, mulai dari yang kalem, agresif, bahkan pemula yang asal pindah lajur tanpa cek blind spot dan pakai lampu sein.

Misalnya seperti video yang diunggah akun dashcam owners Indonesia di Instagram. Pada video tersebut terlihat mobil merah yang main selonong pindah lajur ke kanan, padahal ada mobil di belakangnya.

Mobil perekam pun segera menekan klakson dan untungnya mobil merah tadi batal pindah lajur. Menekan klakson untuk memberi peringatan kepada pengemudi seperti tadi memang sebaiknya dilakukan.

Baca juga: Skutik Honda Scoopy Punya Baju Baru, Harga Masih Sama

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

 

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, bagi pengemudi yang terganggu dengan kelakuan pengguna jalan yang asal selonong, bisa diingatkan dengan cara menekan klakson.

“Atau bisa juga mengalah dan menjauh, yang penting hindari konflik,” ucap Sony kepada Kompas.com, Rabu (8/12/2021).

Klakson tadi sudah cukup untuk mengingatkan pengguna jalan lain kalau dirinya salah. Tapi sebagai pengemudi yang menekan klakson, jangan juga mencari pembenaran dengan cara meminta kendaraan tersebut menepi.

Baca juga: Dikirim Awal 2022, Berapa Pemesanan Hyundai Creta Saat Ini?

“Jangan berlebihan, karena pasti akan konflik, tugas kita cuma mengingatkan. Kadang-kadang kita merasa benar sehingga bertinfak arogan atau semena-mena, itu yang tidak dibenarkan,” ucapnya.

Kemudian untuk pengemudi yang kerap pindah lajur tanpa lihat sekitarnya, segera sadar dan fokus berkendara. Perlu diingat, di jalan raya ada etika yang harus dipahami sebelum berkendara di jalan umum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com