Update Rencana Pembangunan Sirkuit untuk Pelaku Balap Liar

Kompas.com - 09/12/2021, 09:12 WIB
Keluh kesah penonton World Superbike (WorldSBK) yang datang langsung ke Sirkuit Mandalika Kompas.com/DonnyKeluh kesah penonton World Superbike (WorldSBK) yang datang langsung ke Sirkuit Mandalika
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Guna memfasilitasi minat dan bakat pelaku balap liar, pembangunan sirkuit di Jakarta bakal direalisasikan. Namun sebelum sampai ke sana, Kepolisian bakal melakukan diskusi terlebih dahulu dengan pihak-pihak yang berwenang.

Seperti diketahui, rencana ini awalnya dicetuskan oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran untuk memfasilitasi pelaku balap liar di Ibu Kota yang semakin meresahkan.

“Iya benar (ada rencana pembangunan sirkuit),” ujar Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, kepada Kompas.com (8/12/2021).

Baca juga: Dikirim Awal 2022, Berapa Pemesanan Hyundai Creta Saat Ini?

Puluhan remaja diamankan di halaman Mapolres Gresik usai ditengarai menggelar balapan liar, Sabtu (2/10/2021) malam.Dok. Polres Gresik Puluhan remaja diamankan di halaman Mapolres Gresik usai ditengarai menggelar balapan liar, Sabtu (2/10/2021) malam.

Meski begitu, Sambodo mengatakan, pihaknya belum menentukan seperti apa dan di mana lokasi sirkuit yang dimaksud.

“Mengenai lokasi sirkuit, kami akan melaksanakan FGD (Focus Group Discussion) terlebih dahulu dengan mengundang instansi terkait seperti Kemenpora, IMI, Pemprov DKI, dan sebagainya,” kata Sambodo.

Menurutnya, pihaknya akan berkoordinasi dengan sejumlah instansi untuk membahas hal tersebut. Tak lupa, peserta balap liar juga akan diajak berdiskusi dalam forum FGD ini.

Baca juga: Syarat Perjalanan Jarak Jauh Usai PPKM Level 3 Batal Diterapkan

Motor yang digunakan balap liar di Jalan Lingkar Luar Karawang pada Kamis (30/9/2021) pagi kini telah diamankan Polres Karawang.Dok. Satlantas Polres Karawang Motor yang digunakan balap liar di Jalan Lingkar Luar Karawang pada Kamis (30/9/2021) pagi kini telah diamankan Polres Karawang.

Sambodo juga mengatakan, para pelaku balap liar bisa saja memiliki bakat balapan yang dapat mengharumkan Tanah Air di ajang internasional jika difasilitasi dengan optimal.

"Kami akan cari formatnya seperti apa, termasuk dari pemerintah daerah untuk bisa cari sirkuit untuk pelaksanaan (balap liar)," ucap Sambodo.

“(Balap liar) Bukan diakomodir, artinya pebalap liar akan kita siapkan mereka untuk bisa balapan di sirkuit resmi,” kata dia.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.