Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manajer Tim Repsol Honda Mulai Khawatir dengan Kondisi Marc Marquez

Kompas.com - 06/12/2021, 08:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez diketahui mengalami cedera berat. Di saat yang lain mengikuti sesi tes, Marquez harus beristirahat. Kondisi ini membuat Manajer Tim Repsol Honda Alberto Puig mulai khawatir.

Pada musim 2020, Honda sangat terlihat seperti pincang karena ditinggal Marquez yang harus absen hampir satu musim penuh akibat cedera.

Baca juga: Disebut Gelarnya Kurang karena Marquez Tak Fit, Ini Kata Quartararo

Musim 2021 ini, Marquez masih belum 100 persen sembuh dari cedera patah tulang lengan kanannya. Hasilnya, hanya beberapa kemenangan dan podium saja yang bisa diraih Honda.

Marc Marquez di Circuit Of The AmericasTWITTER/@MARCMARQUEZ93 Marc Marquez di Circuit Of The Americas

Puig mengatakan, untuk Honda, perusahaan yang memiliki sejarah panjang kemenangan, tentunya kondisi ini sangat tidak memuaskan.

"Kami bisa menang pada beberapa seri dan beberapa kali naik podium, tapi jelas itu bukanlah tujuan kami," ujar Puig, dikutip dari Speedweek.com, Minggu (5/12/2021).

Baca juga: Lorenzo Ungkap Awal Mula Marquez Benci Rossi

Puig menambahkan, musim ini Marquez masih membutuhkan waktu untuk mencapai level terbaiknya. Sementara Pol Espargaro, mengalami kesulitan untuk memahami motor balap RC213V lebih baik.

Marc Marquez di Circuit Of The AmericasTWITTER/@MARCMARQUEZ93 Marc Marquez di Circuit Of The Americas

"Hal yang terburuk adalah Marc tidak kembali, dia tidak pulih seperti yang kami harapkan, atau yang dia juga harapkan," kata Puig.

Dia mengatakan, cederanya yang terbaru sangat tidak diduga. Sekarang, Puig hanya bisa berharap untuk masa depan yang lebih baik dan bisa memulai musim 2022 dengan lebih awal.

"Kami bisa mengatasi banyak masalah pada periode terakhir ini, tidak hanya dengan pebalap, tapi kami juga kesulitan dengan motor kami di banyak sirkuit," ujar Puig.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Amerika 2021.   Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)MIRCO LAZZARI GP Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Amerika 2021. Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

Puig berharap pengembangan pada RC213V bisa membantu untuk mendapatkan performa yang lebih baik di musim depan. Sebab, banyak yang menyebutkan bahwa perubahan RC213V cukup besar.

"Ini bukanlah motor baru secara radikal, hanya berbeda secara substansi. Kami selalu mencoba detail kecil, sekalipun dalam kuantitas yang besar," kata Puig.

Menurut Puig dan beberapa pebalap Honda, motor baru ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Nsmun, kemungkinan besar akan tetap dipertahankan untuk terus dikembangkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com