Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ringsek, Ini Kecelakaan Perdana All New Veloz

Kompas.com - 30/11/2021, 16:49 WIB
Arif Nugrahadi,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

 

SOLO, KOMPAS.com - Beredar video mengenai Toyota All New Veloz berwarna putih yang diduga mobil tes mengalami kecelakaan di jalan tol.

Video dengan durasi 18 detik tersebut diunggah oleh akun youtube Hasyim Zay pada, Sabtu (27/11/2021).

Dalam video tersebut nampak Toyota All New Veloz baru berwarna putih dengan pelat nomor awalan H, mengalami ringsek pada bagian depan sebelah kiri.

Terlihat juga fitur airbag bagian penumpang depan juga sudah mengembang. Belum diketahui secara pasti bagaimana kronologi dan lokasi kejadian tersebut.

Baca juga: Berapa Denda yang Harus Dibayar Penunggak Pajak Kendaraan?

Saat dikonfirmasi, Zacky Kurniawan selaku Public Relation Coordinator Nasmoco Jateng-DIY mengatakan, mobil tersebut memang merupakan mobil test drive dan sampai saat ini masih belum mengetahui detai kronologisnya.

"Iya, ini unit test drive. Masih kami konfirmasi mengenai detail kronologisnya," tulis Zacky dalam pesan singkat kepada Kompas.com, Selasa (30/11/2021).

Tangkapan layar New Veloz 2022 alami kecelakaanHasyim Zay Tangkapan layar New Veloz 2022 alami kecelakaan

Pihaknya masih akan mendalami lebih lanjut kejadian tersebut dengan pihak internal untuk mengetahui penyebab dan kronologi kecelakan New Veloz 2022 tersebut.

Seperti yang diketahui, Toyota New Veloz baru saja diperkenalkan oleh Toyota di ajang Gaikindo Indonesia Auto Show (GIIAS) 2021. All New Veloz diperkenalkan bersama kembarannya, yakni All New Avanza.

Untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan, All New Avnza dan New Veloz juga sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan dan keamanan dalam berkendara.

Baca juga: Skema Kredit Xenia Model Baru, Cicilan Mulai Rp 3 Jutaan

Fitur keselamatan kedua mobil ini juga cukup mumpuni, seperti rem ABS+EBD+BA dan airbags. Vehicle Stability Control yang menjaga kendaraan selama manuver cepat di tikungan dan Hill Start Assist untuk start di jalan menanjak sudah sebagai standar.

Tangkapan layar New Veloz 2022 alami kecelakaanHasyim Zay Tangkapan layar New Veloz 2022 alami kecelakaan
Terdapat pula fitur Rear Crossing Traffic Alert yang memberikan notifikasi jika ada potensi tabrakan saat mobil mundur. Fitur Blind Spot Monitoring yang memberikan sinyal melalui grafik di kaca spion sebagai peringatan ketika ada mobil lain yang bergerak di area blind spot.

Tidak hanya itu, untuk varian tertingginya yakni All New Avanza 1.5 G CVT TSS dan All New Veloz Q CVT TSS mendapatkan tambahan fitur keselamatan aktif terkini yakni Toyota Safety Sense (TSS).

Baca juga: Polri Bangun Pos Pengawasan Selama Nataru, Pengendara Wajib Bawa SKM

Fitur pertama adalah Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking yang mengandalkan sistem radar, yang dirancang untuk membantu mengurangi risiko tabrakan dengan kendaraan lain di depan, dengan memberikan daya pengereman, bahkan hingga berhenti darurat jika diperlukan.

Lalu ada fitur Pedal Missoperation Control yang mengurangi potensi kecelakaan akibat salah menginjak pedal gas, dengan menyetel alarm peringatan, menerapkan pengereman, dan membatasi distribusi tenaga agar mobil melambat.

All New VelozKOMPAS.com/Adityo Wisnu All New Veloz

Fitur ketiga adalah Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention yang membantu mencegah mobil berpindah jalur secara tidak sengaja di jalan, dengan memberikan suara alarm saat mobil bergerak menyamping di jalan lurus.

Baca juga: Ganjil Genap Berlaku di Seluruh Wilayah Wisata Selama Libur Nataru

Terakhir, Front Departure Alert yang memberikan peringatan ketika mobil di depan tiba-tiba bergerak mendekat saat sedang mengantri di tengah kemacetan.

Namun, walaupun kendaraan sudah dilengkapi dengan sistim keamanan dan keselamatan yang canggih, faktor pengemudi juga bisa saja menjadi faktor penyebab terjadinya kecelakaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com