Kompas.com - 30/11/2021, 11:22 WIB
neoplan bus youtubeneoplan bus

JAKARTA, KOMPAS.comTeknologi yang disematkan pada kendaraan saat ini semakin modern. Bahkan untuk kendaraan niaga seperti bus dan truk, beberapa sudah menggunakan spion yang kini memakai kamera, bukan lagi kaca.

Untuk bus di luar negeri, sudah ada Neoplan yang menggunakan kamera sebagai pengganti spion. Sedangkan di Indonesia, Karoseri Tentrem menjadi yang pertama membuat bodi bus yang dilengkapi dengan spion kamera.

Spion kamera punya dimensi yang lebih kecil daripada spion tanduk pada umumnya. Walaupun punya ukuran yang kecil, hasil tangkapan gambar dari kamera tersebut tetap sama fungsinya seperti spion.

Baca juga: Ganjil Genap Berlaku di Seluruh Wilayah Wisata Selama Libur Nataru

Bus baru Karoseri Tentrem, Avante H7 AB yang dipasang ke sasis Hino R260KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bus baru Karoseri Tentrem, Avante H7 AB yang dipasang ke sasis Hino R260

Hadirnya spion kamera pada bodi bus di Indonesia memang masih ada saja yang belum menerima. Mereka beranggapan kalau tanpa spion tanduk, tampilan bus terasa ada yang kurang.

Menanggapi soal spion kamera, Manager Design Karoseri Laksana Kusririn mengatakan, secara estetika desain, spion kamera memang menunjukkan sesuatu yang modern. Begitu juga fungsinya tetap sama layaknya spion konvensional.

“Secara tampilan memang terasa kurang, semestinya dengan spion kamera bisa disiasati dengan model yang tidak hanya menempel dengan ukuran yang kecil,” ucap Kuririn kepada Kompas.com, Senin (29/11/2021).

Baca juga: Kupas Fitur Unggulan Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross Terbaru

Bus AKAP baru PO Sinar MudaDOK. LAKSANABUS Bus AKAP baru PO Sinar Muda

Kusririn menyarankan agar bentuk spion kamera pada bus bisa dibentuk memanjang ke arah depan. Proporsional dan desain dari spion kamera yang memanjang ini juga perlu diperhatikan, jadi tidak asal panjang saja ke depan.

Selain itu, kalau melihat tren di luar negeri, memang belum semua karoseri pembuat bodi bus menggunakan spion kamera. Hal ini memang kembali lagi ke masalah harga yang harus disesuaikan dengan teknologi yang digunakan.

“Harga juga menjadi pertimbangan sendiri buat pemilik bus. Jadi harga berpengaruh sekali di pengadaan spion ini (kamera),” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.