Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Luncurkan SX4 S-Cross Baru, Harga Rp Mulai 400 Jutaan

Kompas.com - 26/11/2021, 08:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah sempat terungkap lewat foto spyshot yang beredar di media sosial, Suzuki di Inggris akhirnya resmi meluncurkan SX-4 S-Cross terbaru yang disiapkan untuk pasar Eropa.

Terlihat bahwa SX4 generasi ketiga ini mendapat ubahan yang cukup signifikan dibandingkan model sebelumnya.

Secara tampilan mobil ini makin mirip sebuah SUV, ketimbang generasi pertama yang terlihat seperti hatchback namun dengan gaya lebih gagah.

Baca juga: Kesulitan Jual Motor Listrik di Indonesia

Suzuki SX4 S-CrossRICHARD PARSONS UK/AUTOCAR.co.uk Suzuki SX4 S-Cross

Hal ini tercermin dari garis-garis halus di bagian samping dan kap mesin, termasuk lengkungan overfender yang lebih besar.

Dilansir dari Autocar (25/11/2021), Suzuki mengatakan bahwa S-Cross terbaru memiliki interior yang lebih luas dan serbaguna.

Di bawah kap mesinnya, terdapat mesin 1.400 cc turbocharged bertenaga 127 tk dan torsi 235 Nm dengan motor listrik 10 kW (12 tk) dan torsi 50 Nm.

Baca juga: Kendaraan Listrik di Indonesia Bakal Punya 5 Jenis Pelat Nomor

Suzuki SX4 S-CrossAUTOCAR.co.uk Suzuki SX4 S-Cross

Mesin berteknologi mild hybrid ini dikombinasikan dengan transmisi manual 6-percepatan atau otomatis 6-percepatan. Seperti model sebelumnya, S-Cross di Eropa juga tersedia dalam penggerak AWD yang mengusung nama AllGrip.

Bicara soal fitur, mobil ini dilengkapi pelek 17 inci, head unit layar sentuh berukuran 7 inci, kursi dengan pemanas, AC dual zone dengan climate control, lampu depan LED, Apple CarPlay dan Android Auto, dan keyless entry.

Tak ketinggalan S-Cross terbaru telah memiliki fitur keselamatan berbasis radar seperti Traffic Sign Recognition, Adaptive Cruise Control, Blind Spot Monitoring, serta sensor parkir di depan dan belakang.

Baca juga: Tol Tangerang-Merak Mulai Bersih-bersih Truk ODOL

Interior Suzuki SX4 S-CrossAUTOCAR.co.uk Interior Suzuki SX4 S-Cross

Suzuki juga mengklaim bahwa emisi gas buang yang dihasilkan mobil ini mencapai 120 g/km, dengan biaya bahan bakar yang lebih rendah ketimbang kompetitornya.

Chief Engineer Shigeru Aoyama, mengatakan, pihaknya mengembangkan S-Cross terbaru sebagai SUV segmen-C yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan pemiliknya.

“Popularitas SUV dengan desain dan fungsionalitas canggih tumbuh di seluruh dunia, dan S-Cross terbaru menjawab kebutuhan ini pada tingkat yang lebih tinggi,” ujar Chief Engineer Shigeru Aoyama, seperti dikutip dari Autocar.

Baca juga: Sayonara Karimun Wagon R, Selamat Datang Calon Mobil Hybrid Suzuki

Suzuki SX4 S-CrossRICHARD PARSONS UK/AUTOCAR.co.uk Suzuki SX4 S-Cross

“Melalui paket yang menampilkan desain yang kuat dan berani, efisiensi bahan bakar, tenaga, penggerak empat roda, dan fitur keselamatan baru,” kata dia.

Mengenai harganya, mobil yang diproduksi di Hongaria ini terdiri dari dua varian, Motion dijual 24.999 poundsterling atau setara Rp 475 jutaan, dan varian Ultra dengan harga 29.799 poundsterling atau setara Rp 567 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com