Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Euro 4 Mulai 2022, Hino Leburkan Lini Produk Bus

Kompas.com - 23/11/2021, 18:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com – Regulasi emisi Euro 4 untuk mesin diesel bakal berlaku di Indonesia mulai April 2022. Nantinya kendaraan dengan mesin diesel yang diproduksi di Indonesia harus sesuai standar emisi Euro 4.

Tentunya hal ini turut memengaruhi sasis-sasis bus yang diproduksi dan dijual di Indonesia, salah satunya Hino. Tentunya lini produk Hino nantinya bakal dibuat untuk memenuhi standar emisi, seperti dengan memakai common rail.

Common rail merupakan sistem penyemprotan bahan bakar ke ruang mesin yang diatur secara elektronik. Tentunya sasis bus Hino yang belum memakai common rail bakal menggunakannya, seperti sasis bus Hino R260.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Mazda Usai Penerapan Skema Pajak Penjualan Baru

Sasis bus Hino R260tribunnews.com Sasis bus Hino R260

Namun jika dilihat, Hino sebenarnya punya sasis bus yang sudah memakai common rail, yakni RN 285. Lalu jika nanti R260 juga memakai common rail, bagaimana pembagian pasar dari dua produk tersebut?

Santiko Wardoyo, COO Director PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) mengatakan, untuk sementara pihaknya bakal meleburkan untuk R260 dengan RN 285.

“Memang semua sudah harus common rail nanti saat 2022. Jadi kita akan leburkan,” kata Santiko di Tangerang, belum lama ini.

Baca juga: All New Xenia Mendominasi Pemesanan Daihatsu Selama Pameran

Untuk sasis R260 yang saat ini masih dijual, ketika regulasi Euro 4 berlaku sudah diganti dengan sistem common rail. Tapi Santiko mengatakan akan ada beberapa varian yang disediakan ketika Euro 4 2022 nanti.

Bisa saja, untuk lini produk sasis bus besar bermesin belakang dengan GVW 10 ton – 16 ton, terdapat satu produk tapi punya beberapa varian. Misalnya dengan suspensi udara atau masih disediakan varian dengan per daun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com