Sepekan Operasi Zebra Jaya 2021, Polda Metro Tindak 8.266 Pengendara

Kompas.com - 23/11/2021, 18:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mencatat telah menindak ribuan pengendara yang melakukan pelanggaran selama Operasi Zebra 2021 di wilayah hukum terkait.

Salah satu pelanggar tersebut ialah menggunakan rorator yang tak sesuai dengan peruntukkan atau peraturannya. Namun diakui, banyak tindakan berupa teguran yang dilakukan petugas.

"Hingga kemarin sebanyak 8.266 pengendara yang dikenakan teguran," kata Kasubdit Gakkum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, AKBP Argo Wiyono, Senin (22/11/2021).

Baca juga: Kenali Filter Dryer AC di Mobil, Komponen yang Kerap Dilupakan

Sopir truk yang melintas dalam Operasi Zebra menerima masker dan nasi bungkus. KOMPAS.com/A. Faisol Sopir truk yang melintas dalam Operasi Zebra menerima masker dan nasi bungkus.

Menurut Argo untuk pelanggaran yang menjadi atensi dan paling banyak ditemukan terkait dengan penggunaan rotator tak pada keperuntukannya. Pada kasus ini, sudah ada 30 kendaraan roda empat yang ditindak.

“Sementara untuk kenalpot bising ada 806 pelanggaran,” kata dia.

Hanya saja ia tidak merinci titik mana saja yang menyumbang pelanggaran terbanyak. Termasuk pembagian kasus tindakan yang melanggar aturan.

Diketahui, Operasi Zebra digelar pada tanggal 15 November 2021 hingga 28 November 2021.

Baca juga: Pahami Bahaya Mengemudi di Lajur Kanan Jalan Tol

Pelaksanaan Operasi Zebra di Jakarta PusatDok. Satlantas Polres Metro Jakarta Pusat Pelaksanaan Operasi Zebra di Jakarta Pusat

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan, pada operasi ini penindakan dilakukan kepada pengendara pelanggar protokol kesehatan.

Kemudian, penggunaan rotator tidak sesuai keperuntukan, pelanggar ganjil genap, penggunaan TNKB tidak sesuai, dan berbagai pelanggaran yang mengakibatkan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Tidak sampai di sana, dalam kegiatan ini akan dilakukan pula pengecekan kelayakan emisi secara acak oleh petugas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.