Serahkan Donasi, AHM Turut Kembangkan Vokasi di Lombok

Kompas.com - 23/11/2021, 17:01 WIB
AHM mengunjungi salah satu SMK di Lombok Kompas.com/DonnyAHM mengunjungi salah satu SMK di Lombok

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Honda Motor (AHM) tak hanya fokus pada penjualan sepeda motor. Salah satu pabrikan motor terbesar di Indonesia ini juga fokus pada pengembangan sumber daya manusia.

Salah satunya adalah pengembangan vokasi. Belum lama ini, AHM memberikan dukungan penuhnya pada pengembangan vokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat, melalui monitoring dan pemberian donasi kepada dua SMK yang menerapkan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda, yaitu SMK Negeri 1 Gangga, Kab. Lombok Utara dan SMK Negeri 2 Praya Tengah, Kab. Lombok Tengah.

AHM telah mengembangkan sistem monitoring terintegrasi untuk memastikan terciptanya SDM unggul di bidang vokasi melalui penerapan Kurikulum TBSM Astra Honda.

Sistem ini diimplementasikan secara hybrid melalui pendekatan berbasis digital dan visitasi ke SMK yang dilakukan bersama jaringan Main Dealer sepeda motor Honda di seluruh Indonesia.

Baca juga: 6 Pebalap Binaan AHM Siap Bersaing di Idemitsu Asia Talent Cup 2021

Di Pulau Lombok, AHM bersama main dealer Astra Motor NTB mengunjungi SMK Negeri 1 Gangga sebagai destinasi pertama. Sekolah yang berada di pesisir utara Pulau Lombok ini sempat terdampak bencana gempa yang menyebabkan lumpuhnya fasilitas belajar di sekolah.

AHM mengunjungi salah satu SMK di LombokKompas.com/Donny AHM mengunjungi salah satu SMK di Lombok

Dalam kunjungan, AHM memberikan donasi satu unit motor. Selain itu, Yayasan AHM juga memberikan donasi Rp 50 juta untuk membantu proses pemulihan sekolah melalui pemberian seperangkat alat praktik untuk mendukung proses belajar mengajar.

Monitoring SMK di Lombok juga dilakukan ke SMK yang telah tersertifikasi sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK), yaitu SMK Negeri 2 Praya Tengah. SMK mitra binaan Astra Honda ini berhasil membuktikan bahwa SMK di daerah juga memiliki kualitas berstandar industri dan mampu unjuk gigi dalam ajang bertaraf nasional.

Baca juga: AHM Lirik Kesempatan Ekspor Honda CB150X

SMK Negeri 2 Praya Tengah pun berhasil lolos dalam tahap seleksi tingkat provinsi dan terpilih menjadi wakil provinsi NTB pada gelaran Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Nasional. AHM memberikan apresiasi kepada SMKN 2 Praya Tengah berupa donasi satu unit sepeda motor Honda beserta seperangkat alat praktik TBSM Astra Honda.

AHM memberikan donasi untuk pengembangan vokasiKompas.com/Donny AHM memberikan donasi untuk pengembangan vokasi

General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin, mengatakan, pihaknya berupaya memastikan terjadinya peningkatan sekaligus pemerataan kualitas implementasi kurikulum TBSM Astra Honda di semua wilayah.

“Dengan semangat bersinergi, kami ingin kontribusi di dunia vokasi bisa melahirkan kompetensi yang merata di semua wilayah yang ada SMK mitra binaan kami,” ujar Muhibbuddin.

Pengembangan tenaga ajar di SMK juga dilakukan melalui peningkatan dan pengayaan kompetensi guru dalam program pelatihan dan sertifikasi berstandar industri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.