Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Land Cruiser Terbakar di Tol, Ingat Lagi Pentingnya Bawa APAR di Mobil

Kompas.com - 23/11/2021, 12:12 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Satu unit Toyota Land Cruiser Cygnus hangus terbakar di Jalan Tol Wiyoto Wiyono, wilayah Cipinang Cempedak, Jatinegara, Jakarta Timur, pada Senin (22/11/2021) sekitar pukul 15.50 WIB.

Melansir Kompas.com, Kasi Operasi Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur Gatot Sulaeman mengatakan, kebakaran disebabkan karena korsleting listrik.

Bercermin dari peristiwa tersebut, perlu diingat kembali pentingnya menyediakan alat pemadam api ringan (APAR) di kendaraan pribadi khususnya mobil sebagai langkah antisipasi jika kebakaran mobil terulang kembali.

Baca juga: Berlaku Saat Libur Nataru, Ini Aturan Berkendara Selama PPKM Level 3

"Mengingat masih ramai terjadinya kasus mobil terbakar, memiliki APAR jadi penting agar mengurangi risiko," kata General Manager After Sales Division PT MMKSI Boediarto belum lama ini.

alat pemadam api ringan (APAR) terpasang di dalam mobilEbay alat pemadam api ringan (APAR) terpasang di dalam mobil

Namun dalam menyediakan APAR dalam mobil, pemilihan jenisnya perlu benar-benar diperhatikan. Disarankan untuk menggunakan APAR jenis dry chemical powder atau serbuk kimia kering untuk disimpan dalam mobil.

APAR jenis ini bisa digunakan untuk beberapa tipe kebakaran yang berbeda, salah satunya adalah kebakaran yang tercipta akibat percikan api di peralatan listrik karena korsleting atau arcing akibat kesalahan dalam modifikasi.

Baca juga: Lebih Lengkap tapi Lebih Mahal, Veloz Bakal Senggol Pasar Rush?

"Jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi fisik APAR secara langsung, cek apakah ada kebocoran. APAR juga memiliki masa kadaluarsa dan perlu diganti isinya. Idealnya satu tahun sekali diisi ulang," kata Boediarto melanjutkan.

Untuk penyimpanannya, sebaiknya APAR disimpan di tempat yang terlindung dari sinar matahari langsung, seperti di bawah jok depan atau di bagasi belakang.

Namun sangat disarankan APAR disimpan di posisi yang bisa dijangkau dengan cepat oleh pengemudi maupun penumpang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com