Spesifikasi Motor Listrik Garapan Pindad

Kompas.com - 22/11/2021, 11:22 WIB
Supermotor Listrik Pindad MotoEV PINDADSupermotor Listrik Pindad MotoEV

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pindad (Persero) menampilkan sepeda motor listrik yang menjadi inovasi terbarunya. Dengan gaya supermotor, motor listrik bernama MotoEV ini tampil perdana dalam gelaran World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika.

Syaifuddin, Direktur Strategi Bisnis PT Pindad (Persero) mengatakan, MotoEV akan menjadi salah satu produk unggulan perusahaan untuk menjawab kebutuhan kendaraan listrik dan mendukung program pemerintah.

"Pindad telah menyelesaikan salah satu dari inovasi pengembangan produknya, yakni motor listrik, untuk menghadirkan kendaraan listrik yang akan men-support program pemerintah dari sisi efisiensi energi yang ramah lingkungan sehingga ini akan menjadi salah satu produk unggulan Pindad," kata Syaifuddin dalam keterangan resminya, Minggu (21/11/2021).

Baca juga: Intip Detail dan Spesifikasi Motor Balap Idemitsu Asia Talent Cup 2021

MotoEV, Motor Listrik PindadKOMPAS.com/Nanda MotoEV, Motor Listrik Pindad

MotoEV hadir melalui pengembangan sebuah motor multi-purpose yang bisa digunakan di segala medan. Mulai dari tanah, industri, ataupun bidang-bidang lain yang membutuhkan mobilisasi cepat dengan efisiensi yang ramah lingkungan.

Syaifuddin mengatakan, MotoEV merupakan murni buatan Pindad yang lahir dari inovasi pengembangan anak bangsa. Dari segi produksi dan rancang bangun, motor listrik tersebut diklaim memiliki Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) tinggi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

MotoEV, Motor Listrik PindadKOMPAS.com/Nanda MotoEV, Motor Listrik Pindad

Untuk spesifikasi, motor listrik Pindad ini memiliki tenaga 5 kW dengan kecepatan maksimal mencapai 120 kilometer per jam (kpj). Dibekali baterai lithium, untuk pengisian penuh dibutuhkan waktu hanya 3-4 jam dan mampu menempuh jarak hingga 100 km.

Secara desain, motor listrik garapan Pindad cukup menarik karena benar-benar menampilkan gaya adventure. Untuk kaki-kaki juga dilengkapi peredam kejut yang kekar dan mono shock di bagian belakang.

Baca juga: Pindad Bawa Purwarupa Supermoto Listrik ke Ajang WSBK Mandalika

Jangan harap ada knalpot atau tampilan mesin seperti pada umumnya, karena semuanya sudah tertutup rapat. Sementara untuk penyalur tenaga ke roda, masih ditransfer via gir dan rantai.

Supermotor Listrik Pindad MotoEVPINDAD Supermotor Listrik Pindad MotoEV

Meski statusnya masih prototipe, tapi melalui MotoEV Pindad berharap ke depannya bisa menjadi produk yang akan dipasarkan baik untuk domestik maupun global.

Hal tersebut sesuai dengan rencana jangka panjang untuk menjadi salah satu dari 100 besar perusahaan pertahanan global di 2024.

Spesifikasi Pindad MotoEV :

Power : 5 kW
Voltage : 72 VDC
Rate Speed : 2.675 rpm
Mas Speed : 3.858 rpm
Peak Torque : 45 Nm
Rated Current : 15 A
Peak Current : 250 A
Top Speed Up to : 120 Km/h
Max Riding Range : 100 Km
Indec Protection 57

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.