Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Motor Listrik Garapan Pindad

Kompas.com - 22/11/2021, 11:22 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pindad (Persero) menampilkan sepeda motor listrik yang menjadi inovasi terbarunya. Dengan gaya supermotor, motor listrik bernama MotoEV ini tampil perdana dalam gelaran World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika.

Syaifuddin, Direktur Strategi Bisnis PT Pindad (Persero) mengatakan, MotoEV akan menjadi salah satu produk unggulan perusahaan untuk menjawab kebutuhan kendaraan listrik dan mendukung program pemerintah.

"Pindad telah menyelesaikan salah satu dari inovasi pengembangan produknya, yakni motor listrik, untuk menghadirkan kendaraan listrik yang akan men-support program pemerintah dari sisi efisiensi energi yang ramah lingkungan sehingga ini akan menjadi salah satu produk unggulan Pindad," kata Syaifuddin dalam keterangan resminya, Minggu (21/11/2021).

Baca juga: Intip Detail dan Spesifikasi Motor Balap Idemitsu Asia Talent Cup 2021

MotoEV, Motor Listrik PindadKOMPAS.com/Nanda MotoEV, Motor Listrik Pindad

MotoEV hadir melalui pengembangan sebuah motor multi-purpose yang bisa digunakan di segala medan. Mulai dari tanah, industri, ataupun bidang-bidang lain yang membutuhkan mobilisasi cepat dengan efisiensi yang ramah lingkungan.

Syaifuddin mengatakan, MotoEV merupakan murni buatan Pindad yang lahir dari inovasi pengembangan anak bangsa. Dari segi produksi dan rancang bangun, motor listrik tersebut diklaim memiliki Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) tinggi.

MotoEV, Motor Listrik PindadKOMPAS.com/Nanda MotoEV, Motor Listrik Pindad

Untuk spesifikasi, motor listrik Pindad ini memiliki tenaga 5 kW dengan kecepatan maksimal mencapai 120 kilometer per jam (kpj). Dibekali baterai lithium, untuk pengisian penuh dibutuhkan waktu hanya 3-4 jam dan mampu menempuh jarak hingga 100 km.

Secara desain, motor listrik garapan Pindad cukup menarik karena benar-benar menampilkan gaya adventure. Untuk kaki-kaki juga dilengkapi peredam kejut yang kekar dan mono shock di bagian belakang.

Baca juga: Pindad Bawa Purwarupa Supermoto Listrik ke Ajang WSBK Mandalika

Jangan harap ada knalpot atau tampilan mesin seperti pada umumnya, karena semuanya sudah tertutup rapat. Sementara untuk penyalur tenaga ke roda, masih ditransfer via gir dan rantai.

Supermotor Listrik Pindad MotoEVPINDAD Supermotor Listrik Pindad MotoEV

Meski statusnya masih prototipe, tapi melalui MotoEV Pindad berharap ke depannya bisa menjadi produk yang akan dipasarkan baik untuk domestik maupun global.

Hal tersebut sesuai dengan rencana jangka panjang untuk menjadi salah satu dari 100 besar perusahaan pertahanan global di 2024.

Spesifikasi Pindad MotoEV :

Power : 5 kW
Voltage : 72 VDC
Rate Speed : 2.675 rpm
Mas Speed : 3.858 rpm
Peak Torque : 45 Nm
Rated Current : 15 A
Peak Current : 250 A
Top Speed Up to : 120 Km/h
Max Riding Range : 100 Km
Indec Protection 57

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com