Perlukah Pakai Jas Hujan Warna Cerah agar Mudah Terlihat?

Kompas.com - 19/11/2021, 18:12 WIB
Pengendara sepeda motor mengenakan jas hujan saat terjadi hujan di Jalan Katedral, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Minggu (22/12/2019). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan informasi dini cuaca ektrem yang akan melanda sejumlah wilayah di Indonesia pada hari Minggu (22/12/2019), dan Senin (23/12/2019). KOMPAS.com/M LUKMAN PABRIYANTOPengendara sepeda motor mengenakan jas hujan saat terjadi hujan di Jalan Katedral, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Minggu (22/12/2019). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan informasi dini cuaca ektrem yang akan melanda sejumlah wilayah di Indonesia pada hari Minggu (22/12/2019), dan Senin (23/12/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim hujan mulai kembali melanda sebagian besar daerah di Indonesia. Intensitas yang meningkat menyebabkan para pengendara sepeda motor harus menyiapkan perlengkapan tambahan ketika bepergian.

Perlengkapan tersebut tidak lain adalah mantel atau jas hujan. Peranti ini jadi hal yang vital untuk selalu disiapkan agar dapat menjaga pengendara tidak basah akibat terpaan air hujan.

Pemilihan jas hujan yang akan dikenakan pengendara motor perlu diperhatikan. Asal memilih jas hujan bisa saja mengorbankan aspek keselamatan saat berkendara.

Sebagian orang berasumsi bahwa warna terbaik untuk jas hujan adalah yang cerah. Sebab, dengan pemilihan jenis warna tersebut, pengguna jas hujan akan lebih mudah terlihat pengguna jalan lain. Terutama jika sedang berkendara di tengah cuaca hujan deras atau berkabut tebal.

Baca juga: Komparasi New Xpander Cross Versus All New BR-V, Pilih Mana?

Ketika dihubungi Kompas.com, Kamis (18/11/2021), Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani membenarkan pernyataan tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, ia turut menjelaskan bukan berarti pengguna jas hujan warna gelap lebih mudah terabaikan oleh pandangan mata pengguna jalan lainnya.

Jas Hujan KOMPAS.com/Gilang Jas Hujan

"Memang dalam penggunaan perlengkapan berkendara disarankan menggunakan warna cerah agar dapat terlihat oleh pengendara lain, terutama di saat jalan gelap atau berkabut, tapi penggunaan jas hujan dengan warna gelap sebenarnya juga tidak terlalu berisiko," ucap Agus.

Ia menjelaskan bahwa pengendara masih memiliki lampu belakang sepeda motor dan helm yang jadi penanda keberadaannya. Sehingga, pengguna jalan lain masih bisa melihat posisi si pemakai jas hujan meski warnanya gelap.

Baca juga: PPKM Level 3 Berlaku Saat Libur Nataru, Bagaimana Aturan Perjalanan?

Selain itu, Agus turut mengingatkan agar memilih jas hujan yang dilengkapi tempelan stiker reflektor yang bisa memantulkan cahaya pada bagian punggung. 

"Tempelan yang terdapat di jas hujan biasanya sebagai reflektor cahaya yang terlihat menyala saat terkena pantulan sinar lampu, memang benar fungsinya adalah agar dapat terlihat oleh pengendara lain sehingga lebih waspada saat di jalan," kata ia lebih lanjut.

Hal yang paling penting adalah tetap menggunakan jas hujan model atasan dan bawahan sebagai kelengkapan berkendara yang aman.

Sangat tidak disarankan memakai jas hujan model ponco karena punya banyak risiko, seperti mudah tersangkut dan menyebabkan kecelakaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.