Bodi Bus Baru Karoseri Tentrem, Pakai Bahan Aluminium

Kompas.com - 19/11/2021, 17:01 WIB
Hino R 260 di GIIAS 2021 DOK. PT HMSIHino R 260 di GIIAS 2021

TANGERANG, KOMPAS.com – Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 memang tidak dihadiri oleh karoseri pembuat bodi bus layaknya di 2019. Namun tetap ada satu bus yang mejeng di dalam hall GIIAS 2021, tepatnya di Hino.

Bus yang dipajang di booth Hino adalah bodi buatan terbaru dari Karoseri Tentrem di Malang. Bus tersebut diberi nama Avante H7 AB, bodi bus besar dengan tinggin sekitar 3,7 meter dan kini menggunakan bodi aluminium (Aluminium Bodi/AB).

Hendro Wibowo, GSO & Fleet Karoseri Tentrem mengatakan, Avante H7 AB merupakan produk terbaru dari Karoseri Tentrem, secara dimensi dengan H7 biasa memang sama saja, namun lebih ringan sekitar 500 kg.

Baca juga: Diskon SUV Compact di GIIAS 2021, Raize-Rocky Tembus Rp 10 Juta

Bus baru Karoseri Tentrem, Avante H7 AB yang dipasang ke sasis Hino R260KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bus baru Karoseri Tentrem, Avante H7 AB yang dipasang ke sasis Hino R260

“Biasanya untuk bus besar 12 meter, berat totalnya 13 ton, kalau ini jadi sekitar 12,5 ton,” ucap Hendro di Tangerang, Kamis (19/11/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika melihat bagian eksteriornya, Avante H7 AB tampil nyentrik. Bagian bodi tidak dicat, jadi bagian panel-panel aluminium terlihat dengan jelas. Selain itu ada juga inovasi lain yang dipamerkan Karoseri Tentrem di bodi Avante H7 AB ini.

“Ini juga dipasang dengan opsi mirror camera dan kamera 360 derajat,” kata Hendro.

Baca juga: Makin Fun to Drive, All New Veloz Punya Pilihan Mode Berkendara

Mirror camera ini juga bentuknya kompak, sehingga tidak menyusahkan pengemudi ketika bermanuver di area sempit. Tampilan dari kamera pun ditampilkan pada dua layar yang ada di kabin pengemudi, layaknya spion biasa.

Kemudian untuk kamera 360 derajat ditempatkan di bagian bando, dua di bodi samping, dan satu lagi di bagian belakang. Hasil tangkapan kamera tadi pun ditampilkan pada head unit yang ada di dasbor, sehingga memudahkan pengemudi untuk parkir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.