Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bodi Bus Baru Karoseri Tentrem, Pakai Bahan Aluminium

Kompas.com - 19/11/2021, 17:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com – Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 memang tidak dihadiri oleh karoseri pembuat bodi bus layaknya di 2019. Namun tetap ada satu bus yang mejeng di dalam hall GIIAS 2021, tepatnya di Hino.

Bus yang dipajang di booth Hino adalah bodi buatan terbaru dari Karoseri Tentrem di Malang. Bus tersebut diberi nama Avante H7 AB, bodi bus besar dengan tinggin sekitar 3,7 meter dan kini menggunakan bodi aluminium (Aluminium Bodi/AB).

Hendro Wibowo, GSO & Fleet Karoseri Tentrem mengatakan, Avante H7 AB merupakan produk terbaru dari Karoseri Tentrem, secara dimensi dengan H7 biasa memang sama saja, namun lebih ringan sekitar 500 kg.

Baca juga: Diskon SUV Compact di GIIAS 2021, Raize-Rocky Tembus Rp 10 Juta

Bus baru Karoseri Tentrem, Avante H7 AB yang dipasang ke sasis Hino R260KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bus baru Karoseri Tentrem, Avante H7 AB yang dipasang ke sasis Hino R260

“Biasanya untuk bus besar 12 meter, berat totalnya 13 ton, kalau ini jadi sekitar 12,5 ton,” ucap Hendro di Tangerang, Kamis (19/11/2021).

Jika melihat bagian eksteriornya, Avante H7 AB tampil nyentrik. Bagian bodi tidak dicat, jadi bagian panel-panel aluminium terlihat dengan jelas. Selain itu ada juga inovasi lain yang dipamerkan Karoseri Tentrem di bodi Avante H7 AB ini.

“Ini juga dipasang dengan opsi mirror camera dan kamera 360 derajat,” kata Hendro.

Baca juga: Makin Fun to Drive, All New Veloz Punya Pilihan Mode Berkendara

Mirror camera ini juga bentuknya kompak, sehingga tidak menyusahkan pengemudi ketika bermanuver di area sempit. Tampilan dari kamera pun ditampilkan pada dua layar yang ada di kabin pengemudi, layaknya spion biasa.

Kemudian untuk kamera 360 derajat ditempatkan di bagian bando, dua di bodi samping, dan satu lagi di bagian belakang. Hasil tangkapan kamera tadi pun ditampilkan pada head unit yang ada di dasbor, sehingga memudahkan pengemudi untuk parkir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com