Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Edukasi Pengemudi Truk untuk Kendalikan Angka Kecelakaan

Kompas.com - 18/11/2021, 18:51 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com – Kecelakaan yang melibatkan kendaraan niaga memang cukup sering terjadi di Indonesia. Penyebabnya memang beragam, namun kendaraan yang tidak laik serta kemampuan pengemudi bisa menjadi salah satunya.

Berbagai upaya dilakukan perusahaan demi mengurangi angka kecelakaan di Indonesia, terutama untuk kendaraan niaga.Salah satunya adalah dengan melakukan edukasi kepada pengemudi untuk mengemudi dengan aman.

Astra Isuzu di GIIAS 2021 memberikan apresiasi bagi pelopor keselamatan berkendara.

Baca juga: Geser Xpander Cross, All New Veloz Jadi LMPV Termahal

Truk pengangkut gabah terguling setelah menyeruduk toko di Jalan Brawijaya, Mangli, Jember, Kamis (18/3/2021). (SURYA.CO.ID/SRI WAHYUNIK) Truk pengangkut gabah terguling setelah menyeruduk toko di Jalan Brawijaya, Mangli, Jember, Kamis (18/3/2021).

Bambang Satrio Wicaksono, Sales Support & Supply Demand Division Head PT Astra International – Isuzu Sales Operation mengatakan, Astra Isuzu tidak hanya menyediakan kendaraan, tapi juga turut serta dalam perjalanan bisnis pelanggan, oleh karena itu keselamatan dan kemampuan pengemudi jadi hal yang diperhatikan.

Penghargaan yang kami berikan merupakan apresiasi Astra Isuzu pada pelanggan yang kami anggap turut berkontribusi dan punya visi dan misi yang sama dengan Astra Isuzu mengenai keselamatan pengendara,” ucap Bambang di Tangerang, Rabu (17/11/2021).

Astra Isuzu punya beberapa program yang memerhatikan pengemudi, salah satunya cara mengemudi yang baik dan benar serta aman. Pelatihan mengenai keselamatan berkendara ini juga diberikan secara gratis oleh Isuzu untuk pelanggan.

Baca juga: Potongan Harga Honda ADV150 Nyaris Rp 4 Juta

“Penerima apresiasi ini pihak-pihak yang kami lihat cukup aktif dan fokus terhadap keselamatan pengendara yang dimilikinya,” kata Bambang.

Pada acara tersebut, diumumkan tiga penerima penghargaan, yakni Petronesia Benimel, lalu Sicepat Ekspress dan ketiga, Astra Agro Lestari. Harapannya, apresiasi ini bisa menjadi contoh untuk pihak lain di seluruh Indonesia kalau keselamatan berkendara adalah hal yang penting.

Benny Siagian, President Director PT Petronesia Benimel mengatakan, edukasi kemampuan pengemudi memang menjadi perhatian dan penting. Kemampuan pengemudi menyetir akan berimbas pada dua hal, pertama adalah perusahaan dan satu lagi untuk keselamatan dirinya sendiri.

Evakuasi Sukino (65), supir truk dump tambang membawa batu andesit. Warga asal Pundong, Bantul itu terjepit dalm kabin dan tewas dalam kecelakaan ini. Dalam kecelakaan ini, ada dua orang yang tewas da dua lagi mengalami luka ringan.KOMPAS.COM/DANI JULIUS Evakuasi Sukino (65), supir truk dump tambang membawa batu andesit. Warga asal Pundong, Bantul itu terjepit dalm kabin dan tewas dalam kecelakaan ini. Dalam kecelakaan ini, ada dua orang yang tewas da dua lagi mengalami luka ringan.

Maftuhi Tamam, Fleet Operation Sicepat Ekspress juga mengatakan, pengemudi armadanya harus punya tanggung jawab yang besar. Mengingat apa yang dia bawa merupakan barang yang berharga untuk pelanggan, jadi pengemudi tidak asal menyetir.

Ekaseni, Manager Function Workshop Astra Agro Lestari mengatakan, pengemudi sangat penting memiliki kemampuan mengemudi yang baik dan aman. Apalagi untuk pengemudi truk angkut hasil, menjadi ujung tombak bisnis Astra Agro Lestari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com