Tips Naik Motor Sport di Sirkuit dari Pebalap Jebolan VR46 Master Camp

Kompas.com - 15/11/2021, 20:01 WIB
Tips riding pakai motor sport fairing di sirkuit dari M Faerozi Foto: YamahaTips riding pakai motor sport fairing di sirkuit dari M Faerozi
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan raya bukan sirkuit, jargon itu harus ditanamkan pengendara sepeda motor. Kendati demikian saat menjajal motor di sirkuit juga tidak bisa sembarangan.

Sebab untuk turun di sirkuit perlu banyak persiapan. Mulai motor, perlengkapan berkendara, serta menguasai teknik yang tepat karena berkendara di sirkuit berbeda dengan jalan raya.

M Faerozi, pebalap Yamaha Racing Indonesia (YRI), mengatakan, tiga yang mesti dipersiapkan untuk riding menggunakan motor sport fairing di lintasan balap, yakni fisik, motor dan teknik.

Baca juga: Mau Jadi Game Changer, Hyundai Siapkan 100 Diler Sampai Akhir Tahun

Tips riding pakai motor sport fairing di sirkuit dari M FaeroziFoto: Yamaha Tips riding pakai motor sport fairing di sirkuit dari M Faerozi

”Untuk dapat berkendara di lintasan sirkuit dengan maksimal, diperlukan pemahaman dan cara berkendara yang sesuai karena berbeda dengan cara berkendara di jalan raya," ungkapnya dalam rilis resmi, Senin (15/11/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Hal-hal yang perlu diperhatikan pengendara di antaranya adalah persiapan fisik, safety gear dan teknik berkendara yang benar. Serta aspek penting lainnya adalah mengenal karakter dan keunggulan motor," katanya.

Berikut tips riding pakai motor sport fairing di sirkuit dari M Faerozi, pebalap Indonesia yang pernah ikut menjalani program Yamaha VR46 Master Camp pada 2018.

Warna baru Yamaha R15 di 2021Dok. YIMM Warna baru Yamaha R15 di 2021

1. Persiapan fisik

Kondisi fisik harus optimal karena berkendara dalam kecepatan tinggi di sirkuit dengan konsentrasi penuh dapat menguras tenaga.

Istirahat yang cukup sebelum berkendara agar tidak mengantuk atau lelah sehingga menjaga konsentrasi saat riding. Selain itu, lakukan pemanasan sebelum balapan untuk melenturkan badan.

2. Safety gear

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.