Cerita di Balik Pembuatan Desain Daihatsu Xenia Terbaru

Kompas.com - 15/11/2021, 08:42 WIB
Daihatsu Xenia generasi terbaru. KOMPAS.com/DIO DANANJAYADaihatsu Xenia generasi terbaru.

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) akhirnya resmi merilis Xenia generasi ketiga pada Kamis, 11 November 2021. Low MPV ini mendapat pembaruan menyeluruh setelah 18 tahun hadir tanpa ubahan masif.

Di balik perubahan besar dari platform, desain, fitur, hingga performa, rupanya ada cerita yang melatarbelakangi pembaruan pada Xenia.

Meddy Hamdhani, Regional Chief Engineer Daihatsu Motor Corporation, mengatakan, proses pembuatan Xenia terbaru telah dimulai sejak 2018.

Baca juga: Diam-diam Mitsubishi Siapkan Penantang Raize dan Rocky

Daihatsu Xenia model baru di GIIAS 2021.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Daihatsu Xenia model baru di GIIAS 2021.

"Awal 2018, kami melakukan studi pasar untuk mencari apa yang benar-benar dibutuhkan masyarakat. Berdasar hasil survey itu, tim kami berangkat ke Jepang dan bersama-sama tim di sana men-develop mobil ini," ujar Meddy, dalam konferensi pers di Tangerang (12/11/2021).

Meddy mengatakan, pihaknya membuat beberapa proposal desain Xenia terbaru untuk diajukan kepada Daihatsu Motor Corporation (DMC) yang berbasis di Osaka, Jepang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kalau ngomongin proposal kami punya dari A sampai F. Jadi waktu itu kami lakukan survei juga, artinya saya enggak sendiri, kami dengar keinginan konsumen," kata dia.

Baca juga: Ertiga Dianggap Masih Bisa Melawan Avanza atau Xpander

Daihatsu All New Xenia meluncur di GIIAS 2021Dio Dananjaya/Kompas.com Daihatsu All New Xenia meluncur di GIIAS 2021

Menurutnya, rancangan Xenia terbaru juga didiskusikan dengan ADM, untuk memastikan bahwa desain seperti ini layak dijual dan bisa diterima pasar.

Sementara itu, Hendrayadi Lastiyoso, Division Head Marketing & Customer Relation PT Astra International – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), mengaku ikut hadir dalam rapat yang membahas desain Xenia generasi ketiga.

“Saya memang waktu itu diundang ADM, jadi AI-DSO waktu itu ikut ke Jepang. Waktu pertama kali saya lihat, desain awal ya bukan yang ini. Waduh saya bilang, kalau modelnya seperti ini sulit bagi AI-DSO untuk menjualnya, enggak pede,” kata Hendrayadi, pada kesempatan yang sama.

Baca juga: Berlaku Besok, Ini Ruas Jalan Jakarta yang Jadi Sasaran Operasi Zebra

Daihatsu All New Xenia meluncur di GIIAS 2021Dio Dananjaya/Kompas.com Daihatsu All New Xenia meluncur di GIIAS 2021

Hendrayadi menambahkan, pihaknya ikut memberi masukan kepada ADM, maupun tim DMC. Sampai akhirnya desain seperti inilah yang jadi diproduksi.

“Dan begitu kami lihat desain yang paling terakhir, saya merasa yakin bahwa inilah yang akan diterima oleh konsumen-konsumen kami di Indonesia. Jadi kalau dari A-F, saya sempat lihat sketsa sebelumnya, dan inilah yang terbaik,” ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.