Teman Bus Trans Mamminasata Resmi Beroperasi di Makassar

Kompas.com - 14/11/2021, 12:21 WIB
Teman Bus: Trans Mamminasata sebagai bus kota yang melayani warga Makassar diresmikan pada Sabtu (13/11/2021). Ditjen Hubdat Kemenhub RITeman Bus: Trans Mamminasata sebagai bus kota yang melayani warga Makassar diresmikan pada Sabtu (13/11/2021).

MAKASSAR, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI meresmikan pengembangan angkutan massal di kawasan perkotaan berbasis jalan bernama Teman Bus: Trans Mamminasata di Makassar, Sabtu (13/11/2021).

"Kehadiran Teman Bus di Makassar, atau Trans Mamminasata ini telah didesain agar bisa menyesuaikan dengan angkutan perkotaan yang sudah ada lebih dulu. Nantinya angkutan tersebut menjadi feeder bagi Teman Bus, sehingga terkoneksi dengan baik," ucap Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi, dalam keterangan resminya.

"Saya yakin Teman Bus pada tahun mendatang semakin banyak berkembang dan hadir di kota-kota seluruh Indonesia serta dapat memberikan dampak yang signifikan dalam menekan tingkat polusi udara dan menghemat penggunaan bahan bakar fosil," kata ia melanjutkan.

Baca juga: Ini Lokasi Operasi Zebra Jaya di Kota Bekasi Mulai Senin

Program pengembangan angkutan umum massal di wilayah perkotaan dengan skema Buy The Service (BTS), merupakan program yang dirancang oleh Direktorat Angkutan Jalan agar dapat mengintervensi pengembangan angkutan umum perkotaan di Indonesia sehingga muncul terobosan yang inovatif.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Ditjen Perhubungan Darat (@ditjen_hubdat)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya berharap, layanan ini hadir untuk memberikan sarana transportasi perkotaan yang lebih baik bagi masyarakat Sulawesi Selatan khususnya Kota Makassar," kata PLT Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman.

Trans Mamminasata melayani masyarakat pada jam operasional 06.00-23.00 WITA dengan jumlah total armada 81 unit bus.

Akan ada 4 rute layanan dengan 261 titik halte. Namun dari 4 trayek layanan, baru 1 yang sudah bisa digunakan mulai hari ini. Sementara 3 rute lainnya masih dipersiapkan agar lebih matang.

Baca juga: Masih Banyak yang Belum Tahu, Ini Bedanya MotoGP dan WSBK

Semua unit bus tersebut sudah disiapkan agar menjadi sarana transportasi umum yang inklusif, salah satunya yakni ramah terhadap kaum disabilitas.

Melalui program ini diharapkan simpul-simpul transportasi dapat saling terhubung seperti halnya Bandara Sultan Hasanuddin dan Pelabuhan Soekarno-Hatta.

Berikut 4 rute yang akan dilayani oleh Trans Mamminasata.

  • Koridor 1 Terminal Mallengkeri - Unhas via Jalan Metro Tj. Bunga (segera beroperasi).
  • Koridor 2 Mall Panakkukang - Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.
  • Koridor 3 Kampus 2 PNUP - Kampus 2 PIP (segera beroperasi).
  • Koridor 4 Pelabuhan Soekarno Hatta - UIN Samata (segera beroperasi).
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.