Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Motor Custom, Jokowi Sulit Libas Karakter Tikungan di Sirkuit Mandalika

Kompas.com - 13/11/2021, 12:02 WIB
Arif Nugrahadi,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meresmikan Sirkuit Madalika sekaligus jalan Baypass BIL-Mandalika sepanjang 17,5 kilometer, Jumat (12/11/2021).

Sebelum melakukan peresmian Sirkuit Mandalika, Presiden Jokowi berkesempatan menjajal sirkuit kebanggan masyarakat Indonesia tersebut.

Baca juga: Kepincut Honda CB150X? Ini Harga dan Jadwal Pengirimannya

Saat menjajal Sirkuit, Jokowi yang mengendarai motor balap pribadi berwarna hijau mengaku kesulitan pada saat melibas tikungan di Sirkuit Mandalika.

Jokowi menyebutkan, ada 17 titik tikungan tajam di sirkuit sepanjang 4,3 kilometer itu.

"Saya kira banyak tikungan tajam, ada 17 titik tikungan dan saya kira semuanya sulit-sulit. Tapi itu untuk saya, kalau pembalap mungkin tidak,” kata Jokowi dilansir dari Kompas.com, Jumat (12/11/2021).

Presiden Jokowi saat menjajal Sirkuit Mandalika, Provinsi NTB, pada Jumat (12/11/2021)BPMI Setpres/Kris Presiden Jokowi saat menjajal Sirkuit Mandalika, Provinsi NTB, pada Jumat (12/11/2021)
Pada kesempatan tersebut, Jokowi mengaku tidak berani memacu motornya dengan kecepatan tinggi. Pasalnya kondisi lintasaan pada saat itu basah setelah diguyur hujan.

"Sirkuit Mandalika ini sirkuit baru. Apalagi baru saja hujan, jadi saya enggak berani ngebut. Meski enggak berani ngebut yang lain-lain masih jauh tertinggal," kata Jokowi.

Baca juga: Sudah Dibuka untuk Umum, Ini Cara Beli dan Harga Tiket GIIAS 2021

Saat menjajal Sirkuit Mandalika, Presiden Jokowi ditemani sejumlah rombongan menteri, yakni Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

Kemudian, Ketua MPR sekaligus Ketua IMI Pusat Bambang Soesatyo, Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansoer, Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal, dan Danrem 162/WB Brigjen Ahmad Rizal Ramdhani.

Rombongan tersebut dilepas oleh Menteri BUMN Erick Thohir sebagai pemegang bendera start di lintasan.

Jokowi saat mengendarai sepeda motor di Sirkuit MandalikaHumas ITDC Jokowi saat mengendarai sepeda motor di Sirkuit Mandalika

Saat meresmikan Sirkuit Mandalika, Presiden Jokowi menyebut sirkuit itu menggunakan aspal terbaru yang siap mendukung balapan kelas internasional.

"Sirkuit Mandalika dengan panjang 4,3 kilometer menggunakan aspal terbaru stone mastic asphalt siap digunakan untuk mendukung even dunia. Di mana sebentar lagi ada WSBK dan dilanjutkan pada bulan Maret MotoGP 2022," kata dia.

Baca juga: Begini Interior Xenia Terbaru, Kabin Lebih Luas dan Banyak Penyimpanan

Jokowi berharap gelaran World Superbike yang akan diselenggarakan di Sirkuit Mandalika berjalan dengan lancar.

Jokowi mengaku telah memerintahkan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 untuk mengawasi jalannya prokes di gelaran tersebut.

Jokowi juga berharap ajang World Superbike dan juga keberadaan Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat nantinya dapat mendorong perekonomian di sekitar kawasan tersebut.

“Saya kira ini sebuah perhelatan besar yang setiap tahun akan diadakan di Sorkuit Mandalika dan itu dipastikan akan memberikan dampak pertumbuhan ekonomi di Provinsi NTB,” kata Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com