Loncat dari Moto3 ke MotoGP, Darryn Binder Dapat Dukungan Jack Miller

Kompas.com - 13/11/2021, 07:42 WIB
Darryn Binder saat berlaga pada Moto3 Algarve Gold and GooseDarryn Binder saat berlaga pada Moto3 Algarve

JAKARTA, KOMPAS.com - Darryn Binder menjadi bahan pembicaraan para pebalap di kelas MotoGP. Banyak pro dan kontra yang muncul dengan akan masuknya Binder dari Moto3 langsung ke MotoGP.

Pada Moto3 Algarve, Binder hendak melakukan manuver overtake pada pebalap di depannya. Tapi, dia masuk terlalu cepat, sementara sudah tidak ada ruang lagi. Dia pun menabrak bagian belakang Dennis Foggia hingga terjatuh.

Baca juga: Pro dan Kontra Darryn Binder, dari Moto3 Loncat ke MotoGP

Foggia sendiri saat itu sedang bersaing ketat dengan Pedro Acosta untuk memperebutkan gelar juara dunia. Dengan terjatuhnya Foggia, hilang pula peluangnya untuk jadi juara dunia Moto3 2021.

Sebagian pebalap setuju jika MotoGP menggunakan format Superlicence seperti pada Formula 1 (F1). Jadi, hanya pebalap yang berprestasi atau benar-benar kompetitif yang berhak naik kelas, baik ke Moto2 atau ke MotoGP.

Binder mendapat dukungan dari Jack Miller. Sebab, Miller juga satu-satunya pebalap saat ini yang loncat langsung dari Moto3 ke MotoGP. Saat itu, Miller dikontrak langsung oleh Honda Racing Corporation (HRC).

Baca juga: Naik Kelas, Mario Aji Turun Satu Musim Penuh di Moto3 2022

Miller mengatakan, kontak (bersenggolan atau menabrak) adalah satu hal yang tak bisa dianggap remeh. Dia juga turut menyayangkan peluang Foggia yang terbuang karena insiden tersebut.

Darryn Binder saat berlaga pada Moto3 AlgarveGold and Goose Darryn Binder saat berlaga pada Moto3 Algarve

"Hal seperti itu bisa saja terjadi, tapi apakah saya gugup atau khawatir (dengan Binder masuk MotoGP tahun depan)? Menurut saya tidak. Ini adalah dunia yang berbeda. MotoGP adalah level yang berbeda dan saya pikir kami harus khawatir dengan penglihatannya, karena dia masuk lebih cepat dibanding yang lainnya," ujar Miller, dikutip dari Visordown.com, Rabu (10/11/2021).

Menurut Miller, semua orang bisa melakukan kesalahan. Binder perlu diberi kesempatan dan lihat seperti apa ke depannya. Miller mengatakan, tidak hanya pebalap Moto3, tapi pebalap di semua kelas bisa melakukan kesalahan tersebut.

Pebalap Moto3, Darryn Binder, resmi menjadi pebalap tim satelit Yamaha RNF MotoGP mulai musim 2022AGIGI SOLDANO Pebalap Moto3, Darryn Binder, resmi menjadi pebalap tim satelit Yamaha RNF MotoGP mulai musim 2022

"Darryn sedikit liar atau apalah, tapi seperti yang Joan bilang, dan saya bisa bilang dari pengalaman, tekanan loncat langsung dari Moto3 ke MotoGP dan seberapa berpengaruhnya, dan sejujurnya, dia hanya menggores permukaan dari apa yang akan terjadi saat menghadapi tantangan itu. Saya bisa memberi tahu dia secara langsung," kata Miller.

Miller menambahkan, pebalap sekelas Valentino Rossi pun pernah melakukan kesalahan ketika dirinya sudah meraih gelar juara dunia sembilan kali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.