Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Fuso Bicara Kehadiran Truk Listrik di Indonesia

Kompas.com - 12/11/2021, 20:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors pernah memamerkan truk listrik bernama Fuso eCanter pada sebuah pameran otomotif di Jakarta pada 2020. Namun sampai hari ini, truk listrik itu belum juga dijual di pasar Indonesia.

Seperti diketahui, pemerintah tengah gencar menyosialisasikan mobil listrik. Kehadiran truk listrik tentu bakal jadi awal yang baik untuk mendorong penetrasi kendaraan listrik.

Namun demikian Fuso eCanter rupanya belum diputuskan apakah bakal ditawarkan untuk konsumen Tanah Air atau tidak.

Baca juga: Operasi Zebra Digelar Pekan Depan, Ini Pelanggaran yang Diincar Polisi

Mitsubishi Fuso eCanter, salah satu truk listrik yang sudah dikenalkan di dunia.efuso.jp Mitsubishi Fuso eCanter, salah satu truk listrik yang sudah dikenalkan di dunia.

“Meski begitu, kami akan mengenalkan sample dari e-Canter tahun depan, pada Januari atau Februari, ujar Naoya Takai, Presiden Direktur PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors, dalam konferensi pers di Tangerang (12/11/2021).

“Untuk mengetahui mengenai adaptasi kendaraan listrik sekaligus bagaimana respon konsumen di pasar Indonesia,” kata dia.

Takai mengatakan, pihaknya bakal segera mengambil keputusan apakah bakal meluncurkan eCanter atau tidak, paling lambat Juni tahun depan.

Baca juga: Daftar Harga All New Avanza dan New Veloz di Jateng-DIY

Suasana saat pameran kendaraan Mitsubishi Fuso dalam gelaran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 di ICE, BSD, Tangerang Selatan, Kamis (11/11/2021). PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) memperkenalkan New Mining Spec terbarunya pada pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS).KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Suasana saat pameran kendaraan Mitsubishi Fuso dalam gelaran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 di ICE, BSD, Tangerang Selatan, Kamis (11/11/2021). PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) memperkenalkan New Mining Spec terbarunya pada pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS).

“Saat ini kami berpikir, bahwa pemerintah Indonesia sedang mendorong kami untuk mengenalkan EV charging station. Sebagai pemimpin pasar di segmen niaga, ini adalah tanggung jawab kami untuk mendukung kebijakan pemerintah,” ucap Takai.

“Jadi kami harus mencoba segala kemungkinan untuk menjawab hal tersebut. Kami harap mungkin 10 tahun ke depan pasar (kendaraan listrik) bisa naik (penjualannya),” tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com