Tidak Perlu Buka Boks, Ini Detail Ducati Panigale V4 R Superbike

Kompas.com - 12/11/2021, 17:49 WIB
Ducati Panigale V4 R Superbike Dok. Aruba RacingDucati Panigale V4 R Superbike

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang digelarnya seri terakhir World Superbike (WorldSBK) di Sirkuit Mandalika, Lombok, dunia balap dibikin heboh karena kejadian memalukan. Boks kargo yang mengangkut motor salah satu tim balap dibuka dan disentuh oleh bukan pihak yang berwenang.

Oknum tersebut diketahui adalah salah satu karyawan trek balap dari penyelenggara lokal. Padahal, pihak yang diperbolehkan untuk membuka peti tersebut hanyalah bea cukai dan tim itu sendiri.

Baca juga: Tanggapan Pebalap Indonesia soal Kargo Ducati Dibuka Ilegal Panitia WSBK Mandalika

Diketahui motor tersebut adalah Ducati Panigale V4 R milik Aruba Racing Team, tim pabrikan Ducati di WorldSBK. Sementara motor yang bersangkutan adalah tunggangan milik Michael Ruben Rinaldi, pebalap asal Italia.

Ducati Panigale V4 R SuperbikeDok. Aruba Racing Ducati Panigale V4 R Superbike

Motor-motor yang dilombakan pada WorldSBK memang motor produksi massal. Tapi, tentu ada ubahan yang dilakukan untuk mencapai performa maksimal sesuai dengan regulasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ubahan tersebut yang menjadi rahasia masing-masing tim. Maka itu, menyentuh atau mengambil gambar motor tersebut merupakan sesuatu hal sensitif.

Padahal, detail mengenai spesifikasi Panigale V4 R Superbike ini juga dijelaskan pada situs resmi Aruba Racing Team.

Baca juga: Ducati Kecewa, Boks Kargonya Dibuka Ilegal oleh Panitia WSBK Mandalika

Dikutip dari Arubaracing.it, Jumat (12/11/2021), motor superbike ini dibekali dengan mesin berkonfigurasi V4 90 derajat.

Mesin Desmodromic dengan kapasitas 998 cc, berpendingin cairan, dan memiliki diameter piston 81 mm dengan langkah 48,4 mm.

Ducati Panigale V4 R SuperbikeDok. Aruba Racing Ducati Panigale V4 R Superbike

Mesinnya dikombinasikan dengan sistem transmisi manual 6-percepatan. Koplingnya menggunakan kopling kering dengan kontrol hidrolis.

Tenaga mesinnya melebihi 235 tk pada putaran mesin 16.000 rpm. Performa mesinnya didukung oleh knalpot Akrapovic dengan dua titanium muffler. Dengan mesin tersebut, top speed motor ini diklaim mampu tembus melebihi 315 km/jam.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.