Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Jokowi Batal Meresmikan Pameran Otomotif GIIAS 2021

Kompas.com - 11/11/2021, 07:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dipastikan batal meresmikan pameran otomotif tahunan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Kamis, 11 November 2021.

Sebagai gantinya, upacara pembukaan akan diisi oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto, yang didampingi oleh Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita.

"Acara tersebut akan dilaksanakan pada 11 November 2021 pukul 10.00 - 11.00 WIB di Nusantara Hall, ICE BSD, Kab Tangerang," tulis keterangan resmi Seven Event selaku penyelenggara yang diterima Kompas.com, Rabu (10/11/2021).

Baca juga: Menteri Koperasi dan UKM Ingin Pelaku Custom Bidik Segmen High End

Pameran GIIAS 2021 dipastikan berlangsung kembaliDok. Gaikindo Pameran GIIAS 2021 dipastikan berlangsung kembali

Kabar ini pun dikonfirmasi oleh salah satu exhibitor peserta pameran saat berbincang bersama tim redaksi. Tapi belum terdapat informasi lebih lanjut apakah sambutan Jokowi via virtual disematkan atau tidak.

Sebelumnya, Jokowi dijadwalkan untuk membuka dan meresmikan pameran GIIAS 2021 secara langsung di Indonesia Convention Center, BSD City, Tangerang.

Pasalnya, gelaran tahunan tersebut akan menjadi barometer untuk helatan serupa yang mengundang masyarakat secara langsung setelah Tanah Air terdampak pandemi Covid-19 setahun belakangan.

"GIIAS 2021 jadi pameran satu-satunya yang mendapat dukungan untuk bisa diselenggarakan offline dengan protokol kesehatan ketat. Kami juga sudah meminta Presiden Jokowi untuk mendukung dan membuka pameran," ucap Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi beberapa waktu lalu.

Baca juga: Daftar Merek Kendaraan Bermotor Hadir di GIIAS 2021

Suasana GIIAS 2019KOMPAS.com/Ruly Suasana GIIAS 2019

Penyelenggara pun menyebarkan undangan resmi ke tim redaksi menjelang acara berserta persyaratan masuk ke area pameran. Namun beberapa saat kemudian, undangan tersebut direvisi berserta pengisi seremoninya.

Kendati demikian, protokol kesehatan tetap jadi syarat mutlak di antaranya sudah menjalani vaksin Covid-19 sebanyak dua kali dosis, berusia minimal 12 tahun, dan telah mengunduh aplikasi PeduliLindungi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com