Kompas.com - 09/11/2021, 16:01 WIB
|

LONDON, KOMPAS.com - Efek pandemi Covid-19 masih terasa, para produsen sepeda motor Eropa dihadapkan masalah lagi yaitu kekurangan pasokan magnesium untuk produksi.

Mengutip Bikesrepublic, magnesium merupakan bahan vital dalam produksi roda dua. Bahan tersebut sering dipakai untuk konstruksi mulai dari sasis hingga mesin motor.

Baca juga: Truk Trailer Diimbau Pakai Safety Brake untuk Kurangi Kecelakaan

Produsen sepeda motor di Eropa terancam mengalami krisis magnesiumDok. ACEM Produsen sepeda motor di Eropa terancam mengalami krisis magnesium

Saat ini China merupakan pemasok magnesium terbesar di dunia hingga 95 persen. Tapi sejak September 2021 China mulai mengurangi ekspor magnesium ke sejumlah wilayah.

Asosiasi Produsen Sepeda Motor Eropa (ACEM) khawatir situasi ini dapat melumpuhkan industri, apalagi saaat ini produsen masih berjuang dengan kekurangan semikonduktor.

Mengutip Visordown, Eropa diperkirakan akan kehabisan stok magnesium pada akhir November 2021.

Baca juga: Cara Merawat Rem Tangan Mobil agar Tetap Optimal

Produsen sepeda motor di Eropa terancam mengalami krisis magnesiumDok. ACEM Produsen sepeda motor di Eropa terancam mengalami krisis magnesium

 

Jika dibiarkan maka kekurangan produksi bakal berdampak pada penutupan bisnis, dan pada akhirnya banyak orang yang kehilangan pekerjaan.

European Automobile Manufacturers Association mengatakan, hal ini mesti segera diselesaikan untuk kestabilan industri di masa datang.

“Untuk itu, industri kami bersama-sama meminta Komisi Eropa dan pemerintah nasional untuk segera bekerja menuju tindakan segera dengan rekanan China mereka untuk mengurangi masalah kekurangan jangka pendek yang kritis serta efek pasokan jangka panjang pada industri Eropa,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.