Cara Pakai Sabuk Pengaman Mobil yang Tepat

Kompas.com - 09/11/2021, 12:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sabuk pengaman atau seat belt merupakan fitur keselamatan yang sangat penting di mobil guna menahan tubuh pengemudi dan penumpang sehingga mengurangi dampak saat mengalami kecelakaan.

Apabila abai, pengemudi maupun penumpang bisa mengalami cedera yang serius sampai terlempar ke depan atau samping ketika terjadi benturan cukup keras.

Kewajiban mengenakan sabuk pengaman sendiri telah diatur di Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

"Sabuk pengaman juga harus digunakan dengan benar agar mengurangi risiko cedera yang mungkin terjadi," kata Aftersales Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara, Senin (8/11/2021).

Baca juga: Seat Belt Pretensioner, Fitur Keselamatan Tambahan pada Sabuk Pengaman

Sabuk pengaman sangat efektif dalam menjaga orang dewasa tetap aman ketika kecelakaan terjadi.

Namun, menurut US News and World Report, sabuk pengaman tidak cukup untuk melindungi anak, apalagi bayi.Unsplash/Why Kei Sabuk pengaman sangat efektif dalam menjaga orang dewasa tetap aman ketika kecelakaan terjadi. Namun, menurut US News and World Report, sabuk pengaman tidak cukup untuk melindungi anak, apalagi bayi.

Lantas, bagaimana penggunaan sabuk pengaman mobil yang tepat? Berikut lima cara menggunakan sabuk pengaman mobil:

1. Gunakan Sabuk Bagian Atas dengan Benar

Secara umum, sabuk pengaman diciptakan oleh produsen mobil yang sudah menyesuaikan dengan segala bentuk pundak dari pengendara maupun penumpang.

Fitur ini dirancang untuk memberikan kekuatan pada area tubuh. Tetapi, pengemudi kerap kali mengeluhkan bahwa tali dari sabuk pengaman tidak nyaman.

Bahkan, justru menggunakan sabuk pengaman dengan menyelipkannya di belakang punggung. Bila Anda melakukan hal serupa, kemampuan sabuk pengaman untuk melindungi keselamatan akan menurun.

2. Perhatikan Tali Bagian Bawah Sabuk Pengaman

Halaman:
Sumber Auto2000


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.