Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral, Lebih Penting Pakai Sepatu Bagus ketimbang Helm

Kompas.com - 08/11/2021, 15:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tingkat kepedulian masyarakat memakai helm masih cukup rendah. Setidaknya baru mengikuti aturan belum sampai kesadaran pada keselamatan.

Seperti dalam video yang diunggah akun Instagram halewwww.id, terlihat seorang anak muda yang mengendarai sepeda motor di jalan raya tanpa menggunakan helm.

Penjelasan video tersebut yang kemudian menarik, sebab justru menyoroti penampilan sang pengendara, salah satunya memakai sepatu Nike Air Jordan.

Baca juga: Tips Aman Saat Mobil Terpaksa Terjang Banjir

https://www.instagram.com/tv/CV-Z_CFjq1p/?utm_source=ig_web_copy_link

 

Sontak video tersebut banyak mendapat komentar. Akun halewwww.id memberikan komentar lebih baik beli helm, ada juga yang berkomentar mulai dari jaket hingga motornya.

Soal penggunaan helm, Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, mengatakan, kurangnya pendidikan tentang keselamatan menjadi salah satu alasan mengapa helm kerap disepelekan.

“Selain itu, pemahaman akan risiko yang fatal jika mengendarai motor tanpa helm juga masih kurang. Padahal, banyak potensi bahaya di jalan raya yang sewaktu-waktu bisa terjadi pada pengendara,” ucap Agus kepada Kompas.com belum lama ini.

Padahal, penggunaan helm wajib hukumnya dan tidak bisa ditawar lagi. Sehingga, kesadaran tersebut harus muncul dari dalam diri bukan karena keterpaksaan.

Baca juga: Kasus Pelat Nomor Palsu, Polisi Ingatkan Pentingnya Konfirmasi ETLE

Helm open faceDok. DAM Helm open face

Agus menyarankan, penyuluhan soal pentingnya helm harus dimulai sejak dini mulai dari bangku sekolah. Sehingga, masyarakat paham pentingnya helm sejak usia belia.

Selain melindungi batok kepala jika terjadi benturan, helm dengan visor juga melindungi muka pengendara motor dari embusan angin dan material lain.

“Visor dapat melindungi bagian muka dari berbagai macam potensi bahaya yang ada. Misalnya seperti batu kerikil yang tiba-tiba mental, debu di jalan, dan binatang kecil yang tidak terlihat,” ucap Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com