Daftar Lengkap Lokasi Uji Emisi di Bengkel Auto2000

Kompas.com - 08/11/2021, 15:21 WIB
Uji Emisi Auto2000 Auto2000Uji Emisi Auto2000

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarata telah menyediakan layanan uji emisi untuk kendaraan bermotor bersama pihak swasta di beberapa titik.

Hal tersebut sebagai upaya yang dilakukan untuk mendukung implementasi Peraturan Gurbernur (Pergub) Nomor 66 Tahun 2020 mengenai penciptaan langit biru Jakarta dengan mengatur emisi yang dihasilkan dari kendaraan.

Bagi kendaraan yang mengabaikan kebijakan ini akan dikenakan sanksi, mulai dari tarif parkir tertingi sampai dengan denda tilang Rp 250.000 untuk motor dan Rp 500.000 untuk mobil.

Terkait kebijakan tersebut, Auto2000 telah mempersiapkan baik peralatan maupun tenaga pelaksana yang sesuai standar pemerintah terutama untuk wilayah DKI Jakarta.

Baca juga: Tips Aman Saat Mobil Terpaksa Terjang Banjir

“Pelanggan dapat melakukan uji emisi mobilnya di bengkel Auto2000 dan hasilnya dapat dijadikan sebagai bukti sah ketika pihak yang berwenang melakukan pemeriksaan apakah kendaraan sudah dilakukan uji emisi atau belum,” ucap Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000, Senin (8/11/2021).

Hasil uji emisi nantinya akan dipakai untuk mengetahui tingkat kesehatan mesin agar dapat mendeteksi sedini mungkin potensi kerusakan komponen mesin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sehingga dapat dilakukan upaya penyetelan dan perbaikan untuk menghindari kerusakan lebih jauh dan mencegah mobil mogok, serta dipastikan lulus uji emisi.

Uji Emisi Auto2000Auto2000 Uji Emisi Auto2000

Uji emisi juga penting dilakukan agar gas buang termonitor sehingga tidak melebihi batas standar yang dapat membahayakan kesehatan dan lingkungan.

Total waktu yang dibutuhkan untuk pengerjaan tes uji emisi sekitar 30 menit sudah termasuk entry data ke dinas terkait. Biaya jasa uji emisi secara mandiri adalah Rp 162.000 termasuk PPN, di luar biaya jasa dan spare parts jika terindikasi ada kerusakan pada komponen mesin sehingga tidak lulus uji emisi.

“Demi lingkungan hidup yang lebih bersih dan nyaman di masa depan, Auto2000 mendukung kebijakan uji emisi gas buang yang akan diterapkan di wilayah DKI Jakarta. Kami juga memberikan kesempatan kepada AutoFamily yang ingin melakukan uji emisi secara mandiri,” kata Tara.

Baca juga: Viral, Video Motor Mencebur ke Selokan Sampai Tenggelam

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.