Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil MotoGP Algarve 2021; Balapan Disetop, Bagnaia Menang

Kompas.com - 07/11/2021, 20:54 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP Algarve 2021 kembali digelar di Sirkuit Portimao, Portugal, Minggu (7/11/2021). Pebalap Ducati Francesco Bagnaia berhasil menjadi yang tercepat. Posisi kedua ada rider Suzuki Joan Mir dan Jack Miller di posisi ketiga.

Balapan pada seri ini sebenarnya tidak sampai berjalan tuntas. Ada insiden saat menyisakan dua lap, dimana dua pebalap KTM Miguel Oliveira dan Iker Lecuona terlibat kecelakaan.

Melihat cukup kerasnya efek kecelakaan tersebut, race director akhirnya memutuskan untuk mengibarkan bendera merah, dan balapan dihentikan. Beruntung kedua pebalap KTM tersebut dinyatakan dalam kondisi fit tanpa cedera berarti,

Jalannya Balapan

Pecco Bagnaia yang start dari pole position berada di posisi kedua. Rekan setimnya, Jack Miller, yang start dari posisi kedua berhasil memimpin jalannya balapan, saat lampu tanda start menyala.

Namun, tak lama kemudian Miller langsung merosot ke posisi ketiga. Bagnaia mengambil alih jalannya balapan, sedangkan di posisi kedua ada Joan Mir yang start dari posisi ketiga.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Algarve 2021, Bagnaia Pole Position

Sementara Quartararo, yang start dari posisi ketujuh mundur ke posisi kesembilan selepas start. Meskipun sudah mendapat gelar juara dunia MotoGP 2021, pebalap asal Prancis ini tetap mengincar kemenangan.

Joan Mir saat sesi latihan bebas di MotoGP Spanyol 2021. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)PIERRE-PHILIPPE MARCOU Joan Mir saat sesi latihan bebas di MotoGP Spanyol 2021. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

Pada lap kedua, Quartararo sudah berhasil memperbaiki posisinya menjadi posisi keenam. Sementara di grup terdepan, Bagnaia terus membuka gap dengan Mir. Selisih antara Mir dengan Miller juga cukup jauh, langsung berjarak sekitar 0,7 detik.

Untuk diketahui, ketiga pebalap yang start dari barisan terdepan ini menggunakan pilihan ban yang sama, yakni ban depan dan ban belakang tipe medium.

Alex Marquez tampil cukup menjanjikan pada awal-awal balapan. Pada lap ketiga, adik dari Marc Marquez ini bertahan di posisi kelima.

Baca juga: Hasil FP3 MotoGP Algarve 2021, Bagnaia Tercepat, Rossi Tercecer

Bahkan, beberapa kali dia sempat melancarkan serangan pada Jorge Martin yang berada di depannya. Tak butuh waktu lama, Alex sudah berhasil menyalip Martin. Sejauh ini, ini performa terbaik Alex balapan di kondisi trek kering.

Jack Miller saat berlaga di MotoGP Amerika 2021.   Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)MIRCO LAZZARI GP Jack Miller saat berlaga di MotoGP Amerika 2021. Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

Di grup terdepan, Bagnaia masih memimpin jalannya balapan. Mir yang berjarak 0,5 detik di belakang Bagnaia belum menyerah untuk meraih kemenangan pertamanya di musim ini. Sedangkan jaraknya dengan Miller sudah terpaut hingga 1 detik.

Pada lap ketujuh, jarak antara Bagnaia dengan Mir sudah semakin menjauh. Selisih antara keduanya terpaut hingga 0,7 detik.

Sementara itu, Quartararo masih tertahan di posisi keenam. Dia belum sanggup untuk melewati Martin di depannya.

Pada lap ke-12, Alex berhasil menyalip Miller dan mempertahankan posisinya. Alex pun kini berpeluang meraih podium pertamanya di musim ini. Namun, jaraknya dengan Mir cukup jauh, yakni 1,4 detik.

Alex MarquezDok. @alexmarquez73 Alex Marquez

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com