Menteri Perhubungan Kampanyekan Laju 30 Kpj di Kawasan Wisata

Kompas.com - 06/11/2021, 14:02 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya resmikan acara PNKJ dan pameran kendaraan listrik di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (6/11/2021) Arif NugrahadiMenteri Perhubungan Budi Karya resmikan acara PNKJ dan pameran kendaraan listrik di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (6/11/2021)

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pekan Nasional Keselamatan Jalan (PNKJ) 2021 diselenggarakan di Taman Lumbini kompleks kawasan Wisata Borobudur, Magelang Jawa Tengah.

Acara tersebut diselenggarakan selama dua hari mulai 6-7 November 2021. Acara tersebut diresmikan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada sesi pembukaan, Sabtu (6/11/2021).

Baca juga: Kecelakaan di Tol, Keluarga Vanessa Angel Tak Dapat Santunan Jasa Raharja

Dalam sambutannya, Budi mengajak kepada masyarakat untuk mengkampanyekan laju 30 di kawasan wisata atau di kawasan tertentu.

"Satu kampanye jaga laju 30 Km/jam, jadi mobil mobil yang lewat disini (kawasan wisata) dan daerah pemukiman itu tidak boleh lebih dari 30 Km/jam. Artinya dengan kecepatan tersebut keselamatan akan bisa dilakukan," kata Budi dalam sambutan Pekan Nasional Keselamatan Jalan, Sabtu (6/11/2021).

Menteri Perhubungan Budi Karya dalam acara pembukaan PNKJ di BorobudurArif Nugrahadi Menteri Perhubungan Budi Karya dalam acara pembukaan PNKJ di Borobudur

Kementerian Perhubungan dan Pemerintah juga terus mencoba untuk memberikan fasilitas guna mewujudkan lalu lintas yang aman, tertib, dan juga lancar untuk semua moda transportasi dan pengguna jalan.

Baca juga: Ini Deretan Fitur Yamaha Nmax yang Bikin Nyaman buat Touring

"Kalau kita bicara mengenai Undang-undang lalu lintas maka memang ada keharusan kita mewujudkan pelayanan lalu lintas yang aman, selamat, tertib, lancar dengan moda yang lain," ucap dia.

Budi juga menegaskan, aturan ini juga berlaku untuk kota dimana ada kombinasi dari penggunaan mobil, pejalan kaki, dan kendaraan bermotor lainnya.

"Dan kita ingin mewujudkan apa yang menjadi hal hal tersebut dengan melkukan di kawasan strategis nasional, dukungan angkutan orang di kawasan terbuka," kata dia.

Acara Pembukaan PNKJ oleh Menteri Perhubungan di BorobudurArif Nugrahadi Acara Pembukaan PNKJ oleh Menteri Perhubungan di Borobudur

Budi juga berharap untuk kendaraan Over Dimension Over Load (ODOL) yang besar dan melebihi kapasitas, seyogyanya tidak melanggar aturan lalu lintas yang telah ditetapkan.

Baca juga: Merasa Diremehkan, Mantan Bos Jeep Indonesia Tuntut FCA ke Negara Asal

"Kita itu kan memelihara jalan, kita ini menjaga keselamatan, jangan hanya memikirkan ekonominya sendiri. Oleh karenanya, saya sekali lagi kelihatannya simpel kita jaga laju 30. Jaga laju kendaraan tidak lebih dari 30 Km/jam di tempat tertentu untuk keselamatan," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.