Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Aman Saat Motor Mogok di Tengah Jalan

Kompas.com - 03/11/2021, 18:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comJalanan merupakan area umum yang digunakan bersama. Oleh karena itu, sesama pengguna jalan sebaiknya saling berbagi sehingga mengurangi kemacetan.

Namun ada kalanya kendaraan yang sedang dikendarai mengalami masalah atau mogok. Sayangnya, ketika motor mogok, masih ada saja pengendara yang diam di tengah jalan sehingga membuat jalanan macet.

Misalnya seperti pada video yang diunggah akun dashcam owners Indonesia di Instagram. Motor milik seorang ibu mengalami masalah sulit dinyalakan. Sayangnya, motor berada di lajur kanan dan menghambat kendaraan yang ada di belakangnya.

Baca juga: Aturan Baru, Semua Kendaraan Bakal Ditempel Stiker Hologram

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

 

Menanggapi kejadian seperti itu, Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani memberi tips bagaimana sikap yang harus dilakukan ketika motor mengalami masalah di jalan.

“Jika terjadi mogok mendadak, kita harus segera memindahkan kendaraan ke tempat yang aman dan tidak mengganggu lalu lintas di jalan raya. Bisa dengan mendorong ke sisi yang tidak dilewati oleh kendaraan lain,” ucap Agus kepada Kompas.com, Selasa (2/11/2021).

Baca juga: Beda dengan Toyota, Daihatsu Pilih Luncurkan Xenia di GIIAS

Agus menyarankan agar tidak memaksakan menyalakan kendaraan pada tengah jalan. Hal ini tentunya bisa mengganggu lalu lintas, selain itu juga hilang konsentrasi karena suara klakson dari kendaraan lain.

“Jangan terlalu memaksakan untuk menghidupkan mesin tanpa memikirkan pengguna jalan lainnya,” kata Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com