Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Medium Baru Laksana untuk Area Tambang

Kompas.com - 01/11/2021, 18:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comKaroseri Laksana kembali merilis bodi terbaru untuk bus medium. Bus medium baru ini bertajuk Tourista S Double Glass, karena sebelumnya, hanya model Tourista XL yang memakai double glass.

Export Manager karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan, ada perbedaan dari lebar dan tinggi dari Tourista S dan XL. Selain itu, unit PO Bagong menjadi yang pertama memakai bodi Tourista S Double Glass.

“Kita sebut Tourista S untuk yang standar. Kalau S itu lebarnya 2.100 mm sedangkan XL 2.320 mm. Ini unit Double Glass Tourista S pertama, sebelumnya kan yang ada double glass cuma yang XL,” ucap Werry kepada Kompas.com, Senin (1/11/2021).

Baca juga: Ini Tarif Bikin SIM A per November 2021

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KAROSERI LAKSANA (@laksanabus)

 

Perbedaan lainnya dari Tourista S ini ada pada rumah fog lamp yang baru. Jadi bisa dibilang juga ada facelift dari Tourista S lama dengan yang baru. Selain itu juga ditempel stiker reflektif di sekujur bodinya.

“Lima bus milik PO Bagong ini sudah spesifikasi tambang, misalnya memakai rotator berwarna kuning di bagian depan,” ucap Werry.

Baca juga: Ini Tarif Perpanjangan SIM A dan SIM C per November 2021

All New Tourista.Ghulam/KompasOtomotif All New Tourista.

Selain itu, terdapat perbedaan antara bus tambang milik PO Bagong dengan yang biasanya, yakni lantai dasar dek. Biasanya, bus tambang memakai pelat bordes untuk lantainya, tapi unit milik PO Bagong ini pakai alas bermotif kayu.

“Lantainya bukan bordes karena permintaan dari operatornya. Di kabinnya juga tidak dipasang bangku,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com